spot_img

Jalan Panjang Kesatupadu Perjuangkan Tanah Leluhur

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA – Surat Keputusan (SK) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) No. 579 tahun 2014 terkait lahan yang terletak di Desa Pasingguran II, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara mendapat penolakan dari Keluarga Besar Perantau Parsingguran Dua (Kesatupadu). Secara tegas melalui konferensi pers, di Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (26/02/2023), Kesatupadu meminta Pemerintah untuk merevisi SK tersebut.

Pasalnya, menurut Ketua Umum Kesatupadu, Ir. Saut Mardongan Banjarnahor, MSi, hal itu sangat merugikan pihaknya yang menyebut bahwa leluhur mereka dan sudah 12 generasi telah mengelola lahan di wilayah tersebut dengan bertani, berkebun dan peternakan sejak tahun 1750-an. Namun kemudian oleh melalui Surat Keputusan No. SK.579/Menhut-II/2014 tersebut wilayah Desa Parsingguran II (diluar surat perjanjian 15 Oktober 1963) ditunjuk menjadi Kawasan Hutan  Lindung dan Hutan Produksi.

“Tanah leluhur kami yang sudah dikelola dengan bertani, berkebun dan ternak dengan adanya SK KLHK tersebut menjadi wilayah kawasan hutan,” ujar Saut.

Sementara, lanjut Saut, jika merujuk Surat Perjanjian tahun 1963 antara Pemerintah dan Masyarakat Marbun Habinsaran (Desa Pollung, Desa Ria-ria, Desa Parsingguran I dan Desa Parsingguran II), lahan Ramba Nalungunan dan sekitarnya yang berada di lereng Bukit Ulu Darat dihijaukan dengan pohon Pinus seluas ± 2.500 ha untuk mencegah kekeringan dan banjir Sungai Sihatunggal, Sungai Rugi-rugi dan Sungai Sipultak Hoda. Karena ketiga sungai tersebut berfungsi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di sekitarnya. Permohonan tersebut disetujui dan telah ditandatangani oleh para tokoh masyarakat sebanyak 15 (lima belas) orang pada tanggal 15 Oktober 1963.

Baca juga :  Satresnarkoba Polres Toraja Utara Berhasil Amankan Terduga Pelaku Pengedar Obat Daftar G

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kepala SMPN 5 Sinjai Apresiasi Ujian Sekolah Dengan Pemanfaatan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Mulai hari ini, Senin (22/4/2024) hingga tanggal 27 April 2024 sebanyak 2.969 siswa SMP di...

Kemenag: Keberangkatan Haji Harus Gunakan Visa Haji, Jangan Tertipu Tawaran Visa Lainnya

PEDOMANRAKYAT, JEDDAH -- Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief menegaskan bahwa hanya visa haji yang...

Pj Bupati Enrekang Buka Baksos Operasi Gratis Celah Bibir dan Lelangit, Dihadiri 3 Professor Dari Jepang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, SE. MM, membuka Bakti Sosial (Baksos) "Operasi Celah bibir...

IKA PMII Pinrang Peringati Harlah PMII ke 64

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Memperingati Hari Lahir (Harlah) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ke 64, Ikatan Alumni PMII Pinrang...