spot_img

UCM Terapkan 5 Format Desentralisasi Penerimaan Maba

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM) pada penerimaan mahasiswa baru (maba) 2023 akan menerapkan sistem desentralisasi dengan memberikan kewenangan seluas mungkin kepada setiap fakultas. Cara ini ditempuh menurut Rektor UCM Prof. Dr. H. M. Tahir Kasnawi, SU pada rapat dengan panitia Penerimaan Maba seluruh fakultas, Selasa (07/03/2023), karena adanya pergeseran kebijakan universitas untuk melakukan kegiatan (penerimaan maba) yang lebih efektif.

“Selama ini kita melakukan penerimaan maba secara terpusat yang kerap menimbulkan kesulitan-kesulitan di lapangan dalam mengambil kebijakan,” ujar Prof. M. Tahir Kasnawi dalam rapat yang dilaksanakan di Kampus UCM Jl. Perintis Kemerdekaan No.11 Makassar.

Mantan Dekan Fisip Unhas itu mengatakan, pada tahun ini penerimaan maba lebih didesenralisasikan pada fakultas dan program studi yang memberi kesempatan dapat langsung berinteraksi dengan masyarakat yang berkaitan dengan peminatan masing-masing. Oleh sebab itu, inovasi-inovasi diharapkan muncul dari fakultas yang dapat dipraktikkan di lapangan.

Secara ringkas dan terperinci, Prof. Tahir Kasnawi menjelaskan, lima jalur penerimaan maba UCM yang terdesentralisasi itu masing-masing :

Pertama, penerimaan maba bersifat umum, yakni para calon mendaftar langsung ke kampus UCM.

Kedua, penerimaan melalui format Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk program studi yang terakreditasi B dan memenuhi syarat serta diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu.

Ketiga, kelompok atau grup wilayah tertentu yang memilih prodi tertentu pula. Kategori ini bisa datang dari luar wilayah kampus dengan pengaturan-pengaturan teknis. Ini berbeda dengan kerja sama regional yang dilakukan secara formal dan asosiasi-asosiasi yang pengaturannya berbeda pula.

Baca juga :  Milano, SH, MH Minta Ahok Turut Bertanggung Jawab Atas Terbakarnya Depo Pertamina Plumpang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Buka Bimbingan Manasik Haji, Sekda Sinjai Harap Jemaah Jaga Kesehatan

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sinjai menggelar bimbingan manasik haji reguler tingkat Kabupaten Sinjai yang berlangsung...

Perpusnas Laksanakan Sosialisasi IKON di Sulsel

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia melaksanakan Sosialisasi Pengarusutamaan Naskah Nusantara Sebagai Ingatan Kolektif Nasional (IKON)...

Terima Tim Verifikasi dari BKKBN Sulsel, Plh Bupati Pinrang Minta Jajaran P2KBP3A Transparan

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Pelaksana Harian (Plh) Bupati Pinrang A Calo Kerrang meminta Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan...

Berikut Alasan Mengapa Prof Hasmyati Layak Menjadi Rektor UNM Makassar

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR—Selangkah lagi guru besar dalam bidang keolahragaan, Prof Dr Hasmyati, M.Kes akan memimpin Universitas Negeri Makassar. Pada...