spot_img

Penjabat Sekda Sinjai Harap Anggota BPD Jalankan Fungsinya Dengan Baik

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) se-Kabuoaten Sinjai mengikuti Bimbingan Teknis terkait Aktualisasi Peran dan Fungsi BPD dalam Tata Kelola Pemerintahan desa.

Bintek tersebut dibuka Bupati Sinjai dalam hal ini diwakili oleh Penjabat Sekda, Andi Jefrianto Asapa, Kamis (16/03/2023) di Hotel Grand Asia Makassar.

Dalam sambutannya, Andi Jefrianto berharap dengan diadakannya Bimtek BPD ini penyelenggaraan pemerintahan desa semakin baik dengan tetap menjunjung tinggi transparansi, akuntabilitas, reponsibilitas, Independensi dan kesetaraan atau kewajaran serta berpegang teguh pada aturan dan prosedur yang berlaku.

“Oleh karena itu kepada seluruh peserta Bimtek saya berharap memanfaatkan betul ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita sehingga dapat lebih meningkatkan kualitas dan kapabilitasnya,” tegasnya.

Tak hanya itu, mantan Kadis Pendidikan Sinjai ini juga meminta kepada seluruh anggota BPD untuk memahami peran dan fungsinya masing-masing dalam menjalankan roda pemerintahan yang baik.

“Kepada lembaga penyelenggara
dapat melaksanakan bimtek ini dengan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan akan menjadi bahan evaluasi kedepannya,” harapnya.

Dijelaskan bahwa undang-undang nomor 6 tahun 2013 tentang desa, menjadi langkah utama dalam mewujudkan pemerintahan desa yang otonom serta memberikan amanah yang begitu besar kepada BPD dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Besarnya peran dan fungsi BPD yang dimanahkan dalam ketentuan perundang undangan sehingga BPD perlu dibekali pemahaman dan pengetahuan agar lebih menguasai dan memahami fungsi dan perannya,” sambungnya.

Dalam sambutannya, Andi Jefrianto juga menekankan, dalam mengawal penyelenggaraan pemerintahan desa, pemerintah desa dan BPD diharapkan dapat bersinergi dalam mengawal program dan kegiatan yang menjadi kewenangan desa serta hal-hal lainnya demi terselenggaranya pemerintahan desa yang baik.

Baca juga :  Toko Pernak Pernik di Makassar Mulai Ramai Jelang Imlek, Pohon Mehwa Dibanderol Rp 15 Juta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Lomba Sambung Lagu Adalah Contoh Kecil Bentuk Kerja Sama Saling Mendukung

" Lagu yang bagus harus mengangkat hatimu, menghangatkan jiwa, dan membuatmu merasa baik " - Colbie Caillat - PEDOMAN RAKYAT,...

Sedang Tunaikan Ibadah Haji, Sujud Syukur Sekda Takalar Atas Kelulusan Muh Irsyaad di FK Unhas

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Semua orang tua menginginkan yang terbaik buat pendidikan anak-anaknya ketika mengenyam pendidikan di perguruan tinggi...