spot_img

Pembimas Buddha Sulsel Adakan Pembinaan Moderasi Beragama Bagi Siswa Buddhis

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan kegiatan Pembinaan Moderasi Beragama Bagi Siswa Pendidikan Agama dan Keagamaan Buddha. Kegiatan bertema “Melalui Pembinaan Moderasi Beragama Bagi Siswa, Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air” ini berlangsung di Yayasan Ratana Joti Mawang pada Minggu (19/03/2023).

Kegiatan yang bertujuan sebagai upaya pengembangan moderasi beragama dalam kehidupan beragama siswa di Sulsel ini, diikuti 30 orang peserta utusan dari berbagai Sekolah Minggu Buddha (SMB).

Pembukaan kegiatan dilakukan Pembimas Buddha Sulsel Pandhit Amanvijaya, S.Ag, MM, M.Pd.B dan dihadiri Ketua Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha (LPTG) Provinsi Sulsel, Miguel Dharmadjie, ST, CPS®, CCDd®, CPM.

Pembimas Buddha Sulsel mengatakan, pembinaan moderasi beragama merupakan program prioritas Kementerian Agama RI yang dijabarkan menjadi kegiatan pembinaan oleh Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI.

Moderasi beragama memiliki makna sangat strategis dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang sangat majemuk dan beragam. Menjadi salah satu cara untuk tetap menjaga stabilitas keamanan dan kerukunan umat beragama, serta kerja sama dalam kehidupan bersesama agar dapat terjalin dengan baik.

“Moderasi beragama mengajarkan pentingnya menghormati dan menghargai umat beragama sebagai sesama manusia. Karenanya, siswa-siswi buddhis diharapkan dapat memahami keberagaman yang ada dan mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari,” pesan Pembimas Buddha.

Dalam kegiatan yang berlangsung setengah hari ini para peserta memperoleh materi “Anak Berbakti dan Berkarakter Buddhis” (Ketua Bhikkhu Daerah Pembinaan Provinsi Sulsel Sangha Theravada Indonesia, YM. Bhikkhu Silayatano) dan “Implementasi Ajaran Buddha dalam Moderasi Beragama” (Penyuluh Agama Buddha Non PNS Provinsi Sulsel & Penyuluh Informasi Publik, Miguel Dharmadjie, ST, CPS®, CCDd®, CPM).

Baca juga :  Kasatreskrim Torut Berganti, Eko Suroso : Buat Terobosan dan Jalin Kekompakan Sesama Anggota

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Dihantam Ombak Tinggi KM Resky Tenggelam, 5 Orang Meninggal

PEDOMANRAKYAT, PANGKEP - KM. Resky tenggelam pada hari Sabtu, 2 Desember 2023 sekitar pukul 15.10 wita. Kapal ini...

Kodim dan Polres Bersinergi Perangi Passobis di Sidrap, 7 Pelaku Diamankan

PEDOMANRAKYAT, SIDRAP — Kasus penipuan online di Sidrap dan sekitarnya dikenal dengan istilah sobis, menjadi masalah serius yang...

Malam Syukuran STG Tingkat Nasional XI Kontingen Sulsel

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebagai wujud syukur atas prestasi kontingen Sulawesi Selatan pada Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) Tingkat Nasional...

Kasus Penganiayaan Wartawan Sedang Memasuki Tahap Penyelidikan

PEDOMANRAKYAT, GOWA - Buntut penganiayaan terhadap diri seorang wartawan yang telah viral di beberapa media, dibantah oleh pelaku...