spot_img

Disdik Sinjai Tetapkan Jalur Penerimaan Siswa Baru, Ada Jalur Prestasi

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Seluruh sekolah mulai dari tingkat PAUD, SD dan SMP yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sinjai saat ini sudah mulai membuka pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024.

Sekretaris Disdik Sinjai, Dian Purnamasari saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (5/5/2023) membenarkan hal tersebut. Menurutnya proses pendaftaran dimulai sejak tanggal 2 Mei dan akan berakhir pada tanggal 5 Juni 2023.

Pendaftaran yang dilakukan dengan sistem online dan offline ini telah diatur dalam Peraturan Bupati nomor 7 tahun 2021 tentang pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru.

Dalam Perbup tersebut, kata Dian, ada beberapa mekanisme penerimaan PPDB. Seperti untuk tingkat SD ada 3 jalur penerimaan yaitu melalui sistem zonasi, afirmasi dan perpindahan orang tua. Untuk tingkat SMP terdiri atas 4 jalur yakni jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua dan jalur prestasi.

Selain itu pihaknya juga mengatur kapasitas daya tampung masing-masing dari rombongan belajar (rombel). Untuk tingkat SD dibatasi 28 orang per kelas dan untuk sekolah SMP setiap kelas maksimal 32 orang.

“Aturan ini berlaku untuk semua sekolah negeri sedangkan untuk sekolah swasta yang berada di bawah naungan Disdik Sinjai yang kita atur itu hanya daya tampungnya saja sedangkan untuk jalur penerimaan itu tidak kita atur,” jelasnya.

Dian berharap agar aturan ini bisa dipahami oleh seluruh orang tua siswa sebab menurutnya, tidak ada lagi perbedaan antara satu sekolah dengan sekolah lainnya.

Baca juga :  Berikan Pelayanan Masyarakat, Satbinmas Polres Pelabuhan Makassar Gelar Patroli Pusat Perbelanjaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pj. Bupati Sinjai Resmi Tutup Perhelatan MTQ Tingkat Kabupaten

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah resmi menutup perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke- XLIII...

Diikuti 11 Kecamatan, Pj Bupati Jeneponto Buka MTQ ke- 45 Tingkat Kabupaten

PEDOMAN RAKYAT, JENEPONTO. - Pj. Bupati Jeneponto Junaedi.B membuka MTQ ke 45 tahun 2024 bertempat di Dusun Pallantikan...

Menuju Indonesia Maju, Polres Toraja Utara Gelar Latpra Ops Keselamatan Pallawa 2024

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Polres Toraja Utara Polda Sulsel menggelar Latihan Pra Operasi (Latpra Ops) Keselamatan Pallawa 2024 di...

Perjalanan Tri-Lintas (5) : Mengenal Gerakan Taliban

Oleh : Musdah Mulia Gerakan Taliban adalah gerakan nasionalis Islam Sunni pendukung etnis Pashtun yang secara efektif menguasai hampir...