spot_img

Mandek, LSM Inakor Sulsel Desak Polda Sulsel Ambil Alih Kasus Penipuan, Penggelapan dan Pemalsuan Jempol di Polres Bone

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Kasus penipuan, penggelapan dan pemalsuan jempol bukti pengambilan sertifikat tanah dari Pertanahan Kabupaten Bone dengan LP/26/X/2016/SPKT/Res Bone, yang sampai saat ini belum juga P-21 alias mandek.

Laporan yang sudah hampir 7 tahun sampai sekarang Polres Bone belum juga bisa melengkapi petunjuk dari JPU padahal kasus tersebut sudah di praperadilan dan petunjuk putusan sudah jelas.

Diketahui kasus ini dilaporkan sejak tahun 2016 surat laporan Nomor : STTPL/26/X/2016/Sulsel/Res Bone/Sek Cenrana. Kasus ini bermula saat H. Mappa melakukan pengurusan prona sertifikat tanah gratis di Kantor Desa Nagauleng.

H. Mappa termasuk dalam peserta prona, dimana dirinya melakukan pembayaran sebesar Rp 350.000 untuk sertifikat tanah tersebut, namun sampai saat ini sertifikat tanah yang disertifikasi oleh BPN tidak kunjung diberikan oleh pihak Kepala Desa Nagauleng, padahal berdasarkan berita acara penyerahan sertifikat dengan No : 1012a/BA.73-08/XI/2011 pihak BPN sudah menyerahkan sertifikat prona 100 paket ke kepala desa sebagai penanggung jawab atas peserta prona pada saat itu untuk dibagikan.

Dimana dalam proses penerbitan sertifikat melalui prona diduga telah terjadi penipuan, penggelapan dan pemalsuan terhadap proses penerbitan dan pengambilan sertifikat tanah atas nama H. Mappa yang dilakukan oleh Sekretaris Desa Nagauleng yang sekarang sudah status tersangka.

Dalam kasus ini, telah ditetapkan satu tersangka yakni Sekertaris Desa Nagauleng (NR) yang terbukti melakukan pemalsuan cap jempol bukti pengambilan pada sertifikat tanah milik H. Mappa.

Sedangkan saksi lainnya dalam hal ini Kepala Desa Nagauleng, dalam hal penggelapan sertifikat, masih proses pendalaman terkait dengan keterlibatannya.

Baca juga :  Irma Muhsen Ditunjuk Sebagai Pelaksana Tugas Ketua JOIN Kota Makassar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pj. Bupati Sinjai Resmi Tutup Perhelatan MTQ Tingkat Kabupaten

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah resmi menutup perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke- XLIII...

Menuju Indonesia Maju, Polres Toraja Utara Gelar Latpra Ops Keselamatan Pallawa 2024

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Polres Toraja Utara Polda Sulsel menggelar Latihan Pra Operasi (Latpra Ops) Keselamatan Pallawa 2024 di...

Perjalanan Tri-Lintas (5) : Mengenal Gerakan Taliban

Oleh : Musdah Mulia Gerakan Taliban adalah gerakan nasionalis Islam Sunni pendukung etnis Pashtun yang secara efektif menguasai hampir...

Perjalanan Tri-Lintas (4) : Penguatan Hak Kesehatan Reproduksi

Oleh : Musdah Mulia Kehadiran saya di Kabul untuk memenuhi undangan panitia pelatihan tentang Hak dan Kesehatan Reproduksi yang...