spot_img

Kain Tenun Toraja dan Sarita Jadi Pusat Promosi Peringatan HUT Dekranas di Medan

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MEDAN – Peringatan HUT Dekranas ke-47 dibuka secara resmi oleh Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan Ibu Hj. Wury Maruf Amin di Hotel Santika, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (16/5/2023) dan dihadiri oleh pengurus Dekranasda dari seluruh provinsi, kabupaten/kota di Indonesia.

Wakil Ketua Dekranasda Toraja Utara Damayanti Batti lewat telpon selulernya dari kota Medan mengatakan, Dekranasda berupaya selalu menjaga warisan tradisi dan budaya bangsa dengan melakukan pembinaan kepada para perajin, dan regenerasi perajin lokal serta penumbuhan wirausaha baru sesuai dengan Tema Dekranas tahun ini “Wirausaha Baru Tercipta, Perajin Berjaya”.

Dekranasda Kabupaten Toraja Utara akan terus berupaya untuk melakukan berbagai pelatihan, pendampingan dan pemasaran produk-poduk unggulan yang dihasilkan perajin yang ada di Toraja Utara.

Sebagai wakil ketua, Damayanti yang juga Founder Toraja Ma’gellu menjelaskan, kita sebagai orang Toraja harus bangga dan mencintai serta memelihara Kain Toraja, seperti di kesempatan ini kami beserta seluruh kontingen Dekranasda Sulsel mengenakan kain Sarita produksi UKM Toraja Utara.

Selain itu, Dekranasda Toraja Utara juga memamerkan hasil produk unggulan kain tenun, sarita dan busana yang dikombinasikan tenun dan sarita dengan desain otentik modern yang kualitas dunia di kesempatan ini ikut dipromosikan dalam HUT Dekranas di Medan, Sumatera Utara.

Dalam kesempatan ini, lanjut Dini, kita bisa memperkenalkan dan meningkatkan kualitas serta daya saing kerajinan UKM Toraja Utara yang berbasis kearifan lokal.

Damayanti yang juga Ketua Masyarakat Sadar Wisata, mengharapkan melalui pameran ini produk kain Toraja lebih dikenal secara nasional dan bisa meningkatkan ekonomi serta kreatifitas pengrajinnya. (pria)

Baca juga :  Bupati Irwan Ajak ASN Pinrang Terus Tingkatkan Disiplin Kerja

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Momentum Nuzulul Qur’an, Abdul Rais Ajak Generasi Muda Sebagai Pelanjut Pemimpin Masa Depan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tingkatkan ketaqwaan dan iman kepada Allah SWT, Pengurus Masjid dan warga Sappabulo memperingati Nuzulul Qur'an...

Putri Kesayangannya Berulangtahun ke-11, CEO PT Aswar Grup Berikan Kado Istimewa

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Beragam cara dilakukan untuk memperingati hari kelahiran atau bertambahnya usia seseorang, bahkan dibutuhkan kesiapan-kesiapan matang...

Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kabupaten Gowa Berbagi Takjil

PEDOMANRAKYAT, GOWA - Dalam rangka HUT ke-50, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Gowa berbagi ratusan takjil di...

Pj. Bupati T.R. Fahsul Falah Buka Puasa Bersama dengan Keluarga Besar SMPN 5 Sinjai

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah menghadiri acara buka puasa bersama dengan keluarga besar UPTD...