spot_img
spot_img
spot_img

Kain Tenun Toraja dan Sarita Jadi Pusat Promosi Peringatan HUT Dekranas di Medan

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MEDAN – Peringatan HUT Dekranas ke-47 dibuka secara resmi oleh Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan Ibu Hj. Wury Maruf Amin di Hotel Santika, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (16/5/2023) dan dihadiri oleh pengurus Dekranasda dari seluruh provinsi, kabupaten/kota di Indonesia.

Wakil Ketua Dekranasda Toraja Utara Damayanti Batti lewat telpon selulernya dari kota Medan mengatakan, Dekranasda berupaya selalu menjaga warisan tradisi dan budaya bangsa dengan melakukan pembinaan kepada para perajin, dan regenerasi perajin lokal serta penumbuhan wirausaha baru sesuai dengan Tema Dekranas tahun ini “Wirausaha Baru Tercipta, Perajin Berjaya”.

Dekranasda Kabupaten Toraja Utara akan terus berupaya untuk melakukan berbagai pelatihan, pendampingan dan pemasaran produk-poduk unggulan yang dihasilkan perajin yang ada di Toraja Utara.

Sebagai wakil ketua, Damayanti yang juga Founder Toraja Ma’gellu menjelaskan, kita sebagai orang Toraja harus bangga dan mencintai serta memelihara Kain Toraja, seperti di kesempatan ini kami beserta seluruh kontingen Dekranasda Sulsel mengenakan kain Sarita produksi UKM Toraja Utara.

Selain itu, Dekranasda Toraja Utara juga memamerkan hasil produk unggulan kain tenun, sarita dan busana yang dikombinasikan tenun dan sarita dengan desain otentik modern yang kualitas dunia di kesempatan ini ikut dipromosikan dalam HUT Dekranas di Medan, Sumatera Utara.

Dalam kesempatan ini, lanjut Dini, kita bisa memperkenalkan dan meningkatkan kualitas serta daya saing kerajinan UKM Toraja Utara yang berbasis kearifan lokal.

Damayanti yang juga Ketua Masyarakat Sadar Wisata, mengharapkan melalui pameran ini produk kain Toraja lebih dikenal secara nasional dan bisa meningkatkan ekonomi serta kreatifitas pengrajinnya. (pria)

Baca juga :  Tahun ini, Pemkab Bantaeng Mulai Laksanakan Program Satu Desa Satu Tahfidz

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Presiden RI Lakukan Kunker di Sulsel, Andi Rian Tinjau Langsung Sistem Pengamanan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Presiden Republik Indonesia Ir Joko widodo melaksanakan Kunjungan Kerja di Wilayah Sulawesi Selatan. Kamis (22/02/2024). Dalam...

Dua Putra Asal Kecamatan Cendana Dipastikan Kembali Duduki Kursi Parlemen di DPRD Kabupaten Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Dalam konteks pemilihan legislatif pada 14 Februari 2024, di tingkat DPRD Kabupaten Enrekang, Daerah Pemilihan...

Pj Bupati Enrekang Turut Dampingi Presiden Jokowi Kunjungan Kerja di Sulsel

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Penjabat Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE, MM, turut mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo...

Kunker Presiden Jokowi, Kapolres AKBP Yudi Frianto Pimpin Langsung PAM VVIP di Peresmian Makassar New Port (MNP)

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Frianto memimpin pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden...