spot_img

Pangdam XIV Hasanuddin Minta Tentara Lestarikan Olahraga Pencak Silat

Bagikan:

Tanggal:

Laporan H. Manaf Rachman

Olahraga pencak silat akan dijadikan olahraga wajib bagi tentara di jajaran Kodam XIV Hasanuddin, sebab beladiri pencak silat itu merupakan warisan leluhur nenek moyang bangsa Indonesia yang harus dilestarikan karena memiliki nilai seni beladiri, budaya dan kearifan lokal juga bisa menjadi olahraga andalan yang dipertandingkan untuk meraih prestasi, sehingga harus dilestarikan kepada generasi muda.

Demikian diucapkan Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal TNI Dr. H. Totok Imam Santoso, SIP, S.Sos, M.Tr.(Han) dalam sambutannya ketika membuka turnamen kejuaraan pencak silat Piala Kasad, yang diikuti 350 orang pesilat dari 26 perguruan silat se Sulsel, Sulbar dan Sultra.

Pembukaan Turnamen Kejuaraan Pencak Silat Piala Kasad ini juga dihadiri Plt Sekretaris Provinsi Sulsel, H. Andi Darmawan Bintang dan Wakapolda Sulsel,  pimpinan organisasi kemasyarakatan dan profesi serta pejabat utama di jajaran Kodam XIV Hasanuddin. Turnamen berlangsung di Gedung Olah Raga Sudiang, Makassar selama tiga hari.

Menurut Pangdam XIV Hasanuddin, ajang kejuaraan pencak silat Piala Kasad ini pesertanya berasal dari seluruh daerah di Sulsel, Sulbar dan Sultra yang didampingi oleh Kodim masing-masing daerah.
Ajang ini hendaknya dijadikan untuk mencari atlet pesilat yang unggul dan berprestasi, sehingga dalam pertandingan harus diutamakan sportivitas dan meninggalkan embel-embel perguruan maupun daerah.

Pangdam juga meminta para wasit atau juri yang mengawasi pertandingan untuk lebih mengedepankan penilaian yang objektif, adil dan tidak memihak, sehingga betul-betul bisa melaksanakan penilaian yang tidak merugikan atlit.

Baca juga :  PMTI Tana Luwu Periode 2022-2027 Dikukuhkan Bulan Depan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Hardiknas 2024, Transformasi Pendidikan Enrekang Meniti Generasi Kurikulum Merdeka Belajar

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG, – Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sertiap tahun 2024 di halaman...

Catatan Mudik Lebaran 2024 (1) : “Diskriminasi” Kecil di KM Tilongkabila

Pengantar: Wartawan “Pedomanrakyat.co.id” M.Dahlan Abubakar, pada Lebaran 2024 melakukan perjalanan mudik terlama, 14 hari, ke kampung halaman. Dalam lawatan...

Kadis Perindag Sulsel, Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Ahmadi Akil, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel akhirnya resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati...

HANURA Enrekang Mulai Jaring Bakal Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2024, Sudah Ada 3 Kandidat

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Enrekang membuka secara resmi pendaftaran calon Bupati dan...