spot_img

Pemkab Sinjai Respon Cepat Bencana Longsor dan Banjir

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Tingginya intensitas hujan pada Minggu (04/06/2023) dini hari tadi sehingga menyebabkan sejumlah wilayah terjadi bencana longsor maupun banjir di sejumlah titik.

Pemerintah Kabupaten Sinjai merespon cepat atas peristiwa ini. Untuk memastikan semua lokasi bencana tertangani dengan baik, Kepala BPBD Sinjai Budiaman bersama Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Sumardi meninjau beberapa titik wilayah yang terkena bencana, Minggu (04/06/2023) siang.

Seperti diantaranya titik banjir di pusat kota Sinjai, bencana tanah longsor di Jalan Poros Kecamatan Bulupoddo, dan Jalan Poros Kanrung – Saohiring Kecamatan Sinjai Tengah.

“Menyikapi kejadian bencana, kami berkoordinasi dengan bapak Dandim untuk meninjau bersama lokasi longsor. Kami juga memantau lokasi banjir yang ada di pusat kota Sinjai,” ujar Kepala BPBD Sinjai, Budiaman saat meninjau kondisi Jalan Poros Kanrung – Saohiring yang terkena longsor.

BPBD juga intens melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR agar dapat mengerahkan alat berat untuk menyingkirkan material longsor, sebab kondisi jalan masih belum dapat dilalui oleh kendaraan roda empat.

Ia juga mengharapkan partisipasi masyarakat untuk sementara melakukan evakuasi terhadap material longsor sembari menunggu datangnya alat berat.

“Untuk penanganan darurat, masyarakat diimbau untuk mengevaluasi material longsor secara gotong royong, dan bapak Bupati Sinjai telah menginstruksikan untuk mengerahkan alat berat,” pintanya.

Sementara, Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Sumardi mengimbau agar masyarakat berhati-hati ketika melakukan aktivitas di tengah buruknya cuaca saat ini.

“Masyarakat diimbau untuk berhati-hati ketika melakukan aktivitas, apalagi berada di daerah terjal yang rawan terjadi longsor,” imbaunya. (adz)

Baca juga :  Wabup Selayar Berhasil "Provokasi" Gubernur Sultra Untuk Berkunjung ke Selayar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Farouk M Beta: IKB PPSP Organisasi Luar Biasa, Panitia Haul Akbar Syekh Yusuf ke 325 Tahun Dibubarkan

PEDOMAN RAKYAT- MAKASSAR. Haul atau Tammu Taunna Syekh Yusuf Al-Makassari sudah dilaksanakan dua kali  (2023 dan 2024 )...

181 Guru di Enrekang Ikut Program PGP Angkatan 11

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 181 guru di Kabupaten Enrekang menjadi sasaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan...

Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak 2024, Satbinmas Polres Pelabuhan Makassar Lakukan Binluh

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Guna mengantisipasi beredar paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Bangsa yang bisa mengganggu kamtibmas tahapan Pilkada...

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024 PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebagai anggota Polri yang...