spot_img
spot_img

Ketua Umum IKA Unhas Menginspirasi Para Pelaku UMKM di Kolaka

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, KOLAKA – Ketua Umum IKA Universitas Hasanuddin Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, MP menginspirasi dan memotivasi para pelaku UMKM di Kolaka, Ahad (4/6/2023).

Owner PT Tiran yang kini aktif melakukan kerja-kerja sosial dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, terutama pelaku bisnis UMKM ini mengungkap berbagai cara naik kelas bertumbuh secara eksponensial.

Dimoderatori penggiat ekonomi dan pengembangan pribadi Marlina Abu, ST, ia menyampaikan proses sukses dirinya dengan lugas karena Andi Amran adalah pelaku dari apa yang disampaikannya.

“Saya yakin UMKM akan berhasil kalau penyampaian ini dijalankan karena saya adalah evidence (bukti) sehingga yang saya ceritakan adalah pengalaman yang sudah terbukti,” ungkap Amran di hadapan tiga ratusan lebih peserta.

Kegiatan bertema UMKM Naik Kelas Tumbuh Eksponensial ini telah memicu andrenalin pelaku UMKM yang hampir 100 persen perempuan.

Mengapa sektor UMKM ini dimotori ibu-ibu ? Karena kata Andi Amran, ibu-ibu berbisnis dengan kalbu. Sensor bisnisnya peka, sehingga bisa membaca gerak tubuh alam.

“Ini adalah the power of ina-ina,” kata Amran, yang disambut tepuk meriah. Ina adalah padanan kata dalam bahasa lokal yang berarti ibu. Biasa disebut sebagai ibu ina, sapaan bagi wanita yang telah melahirkan.

Menteri Pertanian RI periode 2014–2019 ini mengajak pelaku UMKM untuk naik kelas dan tumbuh eksponensial karena keduanya terbilang gampang.

“UMKM tumbuh eksponensial itu gampang. UMKM naik kelas juga enteng,” ungkapnya.

Persoalannya, lanjut Amran adalah apakah pelaku bisnis UMKM bisa mengubah mindset atau berpikir.

Baca juga :  Tambang Ilegal di Labuaja yang Hancurkan Jalan Beton Warga Dusun Kembali Beroperasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Catatan dari Seminar Nasional FH Unhas: (3). MK Manusia Setengah Dewa

Peradilan pemilu di MK nanti adalah pemilu ini sarana kedaulatan rakyat, cara ekspresi formal kedaulatan rakyat, maka penting...

Sistem Peradilan Cepat Belum Terwujud di Indonesia, Ditetapkan Tersangka 6 Tahun Tapi Berkas Hanya Bolak Balik Penyidik dan Kejaksaan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Kasus penipuan, penggelapan dan pemalsuan Jempol bukti pengambilan sertifikat tanah dari Pertanahan Kabupaten Bone dengan...

James Wehantouw, Caleg PSI Dapil 3 Tamalanrea dan Biringkanaya Berbagi Kasih ke Gubuk Nenek Norma di Lanraki

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Merasa tersentuh dengan kondisi kehidupan seorang perempuan lansia bernama Nenek Norma (92 tahun) yang viral...

24 Kelompok Tani di Sinjai Terima Bantuan 11 Ribu Bibit Kelapa Genjah

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Petani di Kabupaten Sinjai kembali mendapatkan bantuan bibit kelapa unggul untuk luas lahan 100 hektar...