spot_img

Hewan Kurban di Sinjai Capai 8 Ribu Ekor, Dikirim Hingga ke Kalimantan

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Sinjai memastikan ketersediaan hewan ternak, cukup untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban 2023.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet DPKH Sinjai, drh. Ratnawati, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (12/6/2023).

“Ketersediaan hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriah di Kabupaten Sinjai kurang lebih 8 ribu ekor sapi potong dengan berbagai jenis sapi seperti simental, limosin, bali, brahman dan brangus. Sementara untuk kambing sekitar 500 ekor,” ungkapnya.

Dia menambahkan jika dipersentasikan sekitar 6,5% dari jumlah populasi sapi yang ada di Bumi Panrita Kitta. Sementara itu, dalam rangka memastikan kesehatan hewan kurban, pihak DPKH juga, akan melakukan pemeriksaan kondisi ternak tersebut.

“Kami akan melakukan pemeriksaan hewan kurban. Jadi kami sudah membuat tim, sebelum dilakukan pemotongan di hari raya terlebih dahulu kami akan melakukan pemeriksaan antemortem. Kami kebetulan punya 6 dokter hewan dan itu kami akan sebar untuk melakukan pemeriksaan sebelum dilakukan pemotongan,” katanya.

Masih kata drh. Ratnawati, ketersediaan sapi kurban itu tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan di Sinjai, tapi sebagian juga untuk memenuhi kebutuhan kurban di daerah luar Kabupaten Sinjai.

“Kalau untuk sapi kurban permintaan kita itu rata-rata di daerah Kalimantan. Sebelum kita melakukan pengiriman, terlebih dahulu kita melakukan pemeriksaan laboratorium bekerja sama dengan balai besar veteriner,” ujarnya.

Hal itu untuk memastikan sapi yang dikirim keluar daerah bebas dari penyakit Jembrana dan PMK dan juga untuk membantu masyarakat dan pedagang. Tidak hanya itu, ternak sebelum dikirim keluar daerah juga dilakukan proses karantina.

Baca juga :  Pangdam Hasanuddin Letakkan Batu Pertama Pembangunan 14 Unit Rumdis Korem 143/Halu Oleo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Lomba Sambung Lagu Adalah Contoh Kecil Bentuk Kerja Sama Saling Mendukung

" Lagu yang bagus harus mengangkat hatimu, menghangatkan jiwa, dan membuatmu merasa baik " - Colbie Caillat - PEDOMAN RAKYAT,...

Sedang Tunaikan Ibadah Haji, Sujud Syukur Sekda Takalar Atas Kelulusan Muh Irsyaad di FK Unhas

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Semua orang tua menginginkan yang terbaik buat pendidikan anak-anaknya ketika mengenyam pendidikan di perguruan tinggi...