spot_img

Ketua Portina Sulsel : Memelihara dan Melestarikan Olahraga Tradisional Agar Konsisten Berada di Daerah Kita

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR –Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (PORTINA) saat ini berhimpun dibawah naungan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) bersama dengan beberapa olahraga masyarakat lainnya. Sedangkan Portina itu sendiri merupakan induk organisasi dari olahraga tradisional.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Portina Provinsi Sulawesi Selatan Andi Abubakar Hamid, saat menerima kunjungan pedomanrakyat.co.id disela-sela latihan atlet Portina Sulsel di Lapangan Perumnas Antang Jl. Bitoa, Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Rabu (21/06/2023) sekira pukul 10.15 Wita.

Lanjut A Abubakar, hari ini diakukan latihan untuk mempersiapkan atlet Portina dalam ajang Kormi Nasional, yaitu Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) yang akan dilaksanakan 02 hingga 09 Juli mendatang di Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat.

“Jadi seluruh Induk Organisasi yang ada dalam himpunan Kormi itu akan berangkat semua bulan Juli nanti,” ucap Opu Abubakar sapaan akrabnya.

Saat ditanya oleh media ini terkait peluang olahraga tradisional ini untuk masuk dalam struktur di KONI, Opu Abubakar dengan sigap menjawab, Portina itu bukan olahraga prestasi, ini murni olahraga tradisional rakyat jaman dulu.

Sedangkan olahraga yang ada di Portina yaitu, Hadang (Asing-Asing, Makassar, red), kemudian terompah panjang, egrang, lari balok dan ketapel.

Selain atlet Portina, wasit dan pelatih juga akan mendapatkan pembinaan oleh Kormi terkait peraturan-peraturan pertandingan seluruh olahraga tradisional yang akan dipertandingkan pada ajang Festival Olahraga Rekreasi Nasional atau Fornas yang akan berlangsung di Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat pada 02-09 Juli mendatang.

Baca juga :  Tunjang Pembelajaran, Kepala PNP Sidrap, Gelar Pembelajaran di Luar Kelas Kunjungi area Persawahan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kadiskop UKM Pinrang Resmi Tutup Pelatihan Peningkatan Produktivitas Usaha BPVP Pangkep dan Diskop UKM Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Pelatihan Peningkatan Produktivitas Usaha Angkatan ke 6 yang digelar BPVP Pangkep kerjasama Dinas Koperasi UKM...

Pilkada 2024, Mitra Fakhruddin MB Kembalikan Berkas Pendaftaran ke Partai Hanura Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Enrekang hampir menemui titik terang siapa siapa...

Grand Opening Dragon Billiard And Cafe Dengan Konsep Olahraga

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Usaha Cafe di mana-mana kian menjamur. Hal itu ditandai dengan banyaknya restoran maupun cafe yang...

Didukung Penuh Gerindra, Yasir Machmud Maju Pilkada Bone

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE - Setelah mendapat konfirmasi dan arahan dari Andi Iwan Darmawan Aras selaku Ketua DPD Partai Gerindra...