spot_img

Kongres Kebudayaan Sulsel 2023, Ajiep Padindang : Jawaban Atas Keluhan Budayawan dan Seniman

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Kongres Kebudayaan Sulsel 2023 secara resmi digelar di Gedung Mulo, Sulawesi Selatan, Jl. Jenderal Sudirman No.23, Kelurahan Mangkura, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu pagi (24/06/2023) sekira pukul 09.00 Wita.

Kegiatan ini mengusung tema “Pemajuan Kebudayaan Menuju Indonesia Emas 2045”, bertujuan untuk meningkatkan perhatian terhadap kebudayaan serta mengembangkan potensi budaya di wilayah Sulawesi Selatan.

Pembukaan Kongres Kebudayaan Sulsel 2023 dipandu oleh Chaeriah dan dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Panitia, Andi Abubakar Hamid.

Dalam sambutannya, Andi Abubakar mengatakan, kongres ini terselenggara hasil kerjasama LAPAKKSS (Lembaga Pengembangan Kesenian dan Kebudayaan Sulawesi Selatan), Yayasan Sulapa Appa, dan Balai Senator, serta kegiatan tersebut merupakan inisiasi dari Dr. Ajiep Padindang, SE., MM.

Lebih lanjut Ketua Panitia yang akrab disapa Opu Abu mengutarakan, Kongres Kebudayaan Sulsel 2023 merupakan hasil dari proses dialog kebudayaan yang kemudian berkembang menjadi kongres.

“Kegiatan ini didukung oleh 3 (tiga) Universitas di Makassar, yaitu Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Islam Negeri (UIN), dan Universitas Hasanuddin (Unhas),” sebutnya.

Di tempat yang sama, inisiator dan penanggung jawab Kongres Kebudayaan Sulsel 2023 Ajieb Padindang, menyampaikan dalam pidatonya, kongres ini adalah jawaban atas keluhan budayawan dan seniman terkait rendahnya perhatian dari pemerintah pusat maupun daerah terhadap kebudayaan di Sulawesi Selatan.

“Kongres ini merupakan langkah dalam membangun kerangka menuju Indonesia Emas 2045. Selain itu, kongres ini akan menjadi dasar bagi kepala daerah dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 setelah Pemilihan Kepala Daerah Serentak pada November 2024,” tukas Ajiep.

Baca juga :  Sebanyak 4.685 Lembar Arsip dari Dua Kekaraengan di Kabupaten Maros Telah Selesai Dipreservasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

181 Guru di Enrekang Ikut Program PGP Angkatan 11

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 181 guru di Kabupaten Enrekang menjadi sasaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan...

Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak 2024, Satbinmas Polres Pelabuhan Makassar Lakukan Binluh

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Guna mengantisipasi beredar paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Bangsa yang bisa mengganggu kamtibmas tahapan Pilkada...

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024 PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebagai anggota Polri yang...

Monitoring Antisipasi Stunting, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Sambangi Posyandu

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Untuk mencegah terjadinya stunting pada balita, Bhabinkamtibmas Polsek Wajo yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru...