spot_img

KPPN Sinjai Gelar FGD Bimbingan Manajemen Keuangan Bagi Pelaku UMKM

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Kantor Perwakilan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sinjai bersama dengan Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja dan UMKM Kabupaten Sinjai mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Bimbingan Manajemen Keuangan Bagi UMKM di ruang rapat KPPN Sinjai, 6 Juli 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala KPPN Sinjai, Kepala Seksi Bank KPPN Sinjai, Pejabat Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sinjai dan pelaku UMKM yang menjadi binaan.

FGD ini dibuka oleh Kepala KPPN Sinjai, Arif Kurniadi, dan dia menyampaikan, acara ini dilakukan sebagai langkah nyata dalam komitmen KPPN Sinjai untuk berpartisipasi dalam pengembangan UMKM.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut MoU yang dilakukan oleh KPPN Sinjai dengan Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja,” ungkap Arif Kurniadi.

KPPN Sinjai juga senantiasa membantu dalam bidang pemasaran, salah satunya dengan mengundang pelaku UMKM dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh KPPN Sinjai dan memberikan waktu kepada pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya.

Arif Kurniadi juga berharap, dengan adanya kegiatan FGD ini, para pelaku UMKM yang hadir mempunyai pemahaman dalam menyusun Harga Pokok Penjualan (HPP).

“Sesi kali ini kita akan memberikan materi tentang penyusunan Harga Pokok Penjualan yang merupakan langkah awal memahamkan UMKM dalam menyusun laporan keuangan,” kata Arif Kurniadi.

Materi disampaikan oleh Muhammad Aldi Subandi, terkait Penyusunan Harga Pokok Penjualan. Hal ini sangat penting bagi pelaku UMKM, untuk menentukan margin keuntungan dan besaran harga jual produksi.

Dalam kegiatan ini juga, Muhammad Aldi menyampaikan beberapa contoh proses pembuatan HPP. Diharapkan para pelaku UMKM yang hadir dapat menyusun sendiri HPP nya masing-masing.

Baca juga :  Wujud Komitmen Cetak Pemimpin Perempuan, GMNI Malang Gelar Kelas Pemikiran Sarinah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

181 Guru di Enrekang Ikut Program PGP Angkatan 11

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 181 guru di Kabupaten Enrekang menjadi sasaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan...

Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak 2024, Satbinmas Polres Pelabuhan Makassar Lakukan Binluh

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Guna mengantisipasi beredar paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Bangsa yang bisa mengganggu kamtibmas tahapan Pilkada...

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024 PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebagai anggota Polri yang...

Monitoring Antisipasi Stunting, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Sambangi Posyandu

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Untuk mencegah terjadinya stunting pada balita, Bhabinkamtibmas Polsek Wajo yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru...