Selain itu, pasca pandemi Covid-19, pendidikan mengalami proses transisi yang harus menuntut para guru untuk bisa melakukan kolaborasi dan sinergitas dengan pihak lain, tegas Rektor UVRI pada masanya ini.
Di era Society 5.0, guru di tuntut untuk bisa Creativity, Critical Thinking, Comunication dan Colaboration.
Selain itu juga perkembangan di Era Society 5.0 guru harus mengembangkan konsep seperti pemecahan masalah atau Hots, meningkatkan konsep pembelajaran futuristik, konsep pembelajaran yang tepat, dan pengembangan soft skill, kata Magister Sosiologi PPs-Unhas 2011
Proses pendidikan di era Society 5.0, di butuhkan bentuk kreatifitas guru secara propesionalisme dengan cara mengikuti pengembangan kurikulum, melakukan supervisi pendidikan, pemberdayaan MGPM, melakukan penelitian ilmiah membuat jurnal dan publikasi serta aktif dalam organisasi profesi seperti PGRI, tandas pengurus ICMI Sulsel ini.
Pendidikan di era Society 5.0 menuntut para guru untuk bisa berkolaborasi dan mningkatkan potensi dalam mencapai tujuan pendidikan.
Peserta dari PKM tersebut dari para guru-guru yang ada di SMA Negeri 1 Majene sekitar puluhan peserta dan turut di Hadiri oleh dosen pendamping yaitu Ibu Dra. Amrah, M. Pd dan Dr. Hasruddin Nur, S. Pd., M. Pd.***