spot_img

UPT SPF SMP Negeri 40 Makassar Gelar MPLS

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai masa orientasi siswa atau masa orientasi peserta didik baru, merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. MPLS lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Satuan Pendidikan Formal (SPF) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 40 Makassar H Ahmad Lamo, S.Pd, M.Pd saat menerima kunjungan pedomanrakyat.co.id, di ruang kerjanya Jl. Aroeppala No 4, Kelurahan Gunung Sari, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Selasa (11/07/2023) sekira pukul 10.00 Wita.

Lanjut H. Ahmad Lamo, melalui kegiatan MPLS, peserta didik diharapkan agar dapat mengenal lingkungannya secara komprehensif. Artinya para siswa baru tersebut tidak hanya mengenal Kepala Sekolah dan Guru-Gurunya saja, namun semua stakeholder beserta seluruh karakter yang ada di dalam sekolah, mereka harus mengenalnya.

“Nah, di MPLS itu implementasinya adalah pengenalan lingkungan terkhusus pada kebersihan lingkungan, yaitu mereka harus memilah sampah, tidak membawa tempat makanan yang berbahan plastik ke sekolahnya, kalau air minum minimal menggunakan tumbler,” jelas H Ahmad Lamo.

Selanjutnya, sampah-sampah itu minimal ditempatkan pada wadah-wadah yang sudah disiapkan. Misalnya ditempatkan pada tempat sampah organik dan anorganik yang telah diberikan oleh pihak sekolah.

“Selanjutnya yang harus dikenali oleh siswa baru itu adalah seluruh stakeholder yang ada di sekolah, mulai dari Kepala Sekolah, guru-guru, bujang sekolah, hingga satpamnya. Nah itulah tujuan MPLS tersebut agar terbentuk karakter peserta didik yang menuju pada tujuan pendidikan nasional yaitu siswa yang berkarakter,” beber H Ahmad Lamo.

Baca juga :  Wujudkan Kamtibmas yang Aman dan Nyaman, Polres Pelabuhan Makassar dan TNI Gelar Olahraga Bersama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Dosen dan Mahasiswa Pertanian Unhas Gelar Pelatihan Optimalisasi Pekarangan Dengan Teknologi Produksi Lipat Ganda Cabai

PEDOMANRAKYAT, TAKALAR - Dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar kegiatan sosial kemasyarakatan bertajuk “Pelatihan Optimalisasi...

Raih WTP 8 Kali Berturut-Turut, DPRD Sinjai Beri Jempol

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sinjai menggelar Rapat Paripurna penyerahan Rancangan Peraturan Daerah (ranperda)...

Hadirkan 4 Narsum, Ini Poin-Poin Penting Dialog Publik KKLR Sulsel

PEDOMANRAKYAT, PALOPO - Dialog Publik "Mau Dibawa ke Mana Palopo 2024" yang digelar Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan...

Aliansi Gerakan Mahasiswa Demo Kejati Sulsel, Sikapi Dugaan Korupsi di Pemkot Palopo

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Mahasiswa yang tergabung dalam sebuah aliansi melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Kejaksaaan Tinggi...