spot_img

Pangdam XIV/Hsn dan Wakil Ketua Komisi I DPR RI : Lestarikan Pohon Langka Ebony

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Bentuk dukungan terhadap kelestarian alam Sulawesi, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, SIP, S.Sos, M.Tr(Han) bersama Wakil Ketua Komisi I DPR RI Dr. H. Abdul Kharis Almasyhari selaku Ketua Tim kunjungan kerja di Makodam XIV/Hasanuddin melaksanakan penanaman pohon, di kawasan Wisata Alam Air Terjun Bantimurung, Kabupaten Maros, Selasa (18/07/2023).

Penanaman pohon yang dilakukan Tim Komisi I DPR RI tersebut, usai melakukan kunjungan kerja di Makodam XIV/Hasanuddin, Senin (17/07/2023) kemarin.

Adapun jenis pohon yang ditanam yakni pohon ebony, merupakan salah satu pohon yang banyak tumbuh di kawasan Sulawesi. Namun, saat ini keberadaan pohon ebony mulai langka bahkan terancam punah.

Hal tersebut diakibatkan banyaknya orang yang telah mengetahui kualitas kayu ebony yang jauh lebih baik daripada kayu jati. Sehingga banyak dicari serta diincar orang, namun masih kurang yang membudidayakannya.

Mayjen Totok pun menginginkan pohon tersebut dapat dilestarikan sehingga pohon yang merupakan khas Sulawesi itu tidak punah. Ia pun berinisiatif memulai dengan melakukan penanaman di salah satu tempat wisata di Sulsel.

Kepala Taman Nasional Bantimurung Bulussaraung, T. Heri Wibowo, S.Hut, M.Eng saat ditemui, sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan orang nomor satu di Kodam Hasanuddin tersebut.

Heri mengharapkan dengan penanaman pohon endemik khas Sulawesi tersebut, mampu memberikan contoh kepada masyarakat untuk melaksanakan gerakan menanan pohon di lingkungannya demi masa depan anak bangsa.

“Terima kasih Pak Pangdam dan Pak Kharis yang berkenan untuk melakukan penanaman pada hari ini, semoga nanti dipelihara dan hidup, sehingga nanti bapak ke sini lagi menengok dalam kondisi tumbuh dengan baik,” harapnya. (*Rz)

Baca juga :  Piala Dunia 2022 Qatar : Belanda Bentrok dengan Argentina di Delapan Besar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

181 Guru di Enrekang Ikut Program PGP Angkatan 11

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 181 guru di Kabupaten Enrekang menjadi sasaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan...

Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak 2024, Satbinmas Polres Pelabuhan Makassar Lakukan Binluh

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Guna mengantisipasi beredar paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Bangsa yang bisa mengganggu kamtibmas tahapan Pilkada...

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024 PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebagai anggota Polri yang...

Monitoring Antisipasi Stunting, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Sambangi Posyandu

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Untuk mencegah terjadinya stunting pada balita, Bhabinkamtibmas Polsek Wajo yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru...