spot_img

Masyarakat Desa Tateli Weru Kesulitan Air Bersih, DPD INAKOR Minahasa dan LPK-RI Sulut Pertanyakan Dana Desa

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MINAHASA -Berdasarkan aduan masyarakat, DPD INAKOR Minahasa dan LPK-RI Sulut melakukan investigasi lanjutan ke Desa Tateli Weru, Kecamatan Mandolang, Minahasa, Kamis 20 Juli 2023. Beberapa masyarakat mengeluhkan fasilitas air bersih yang akan dikonsumsi untuk minum.

Ramly Kakoba salah satu masyarakat Desa Tateli Weru jaga 2 mengeluhkan fasilitas air bersih belum dapat menyentuh sebagian besar masyarakat Desa Tateli Weru khususnya di jaga 2.

“Kami kesulitan air bersih. Ada beberapa masyarakat yang mampu membuat sumur atau parigi, tapi yang sangat memprihatinkan masyarakat yang kurang mampu mereka hanya membuat sumur-sumur resapan yang dalamnya hanya sekitar 1,5 meter untuk menampung air, dan jika kemarau bisa sampai kering tapi jika hujan air pada sumur resapan tersebut jadi sangat kabur dan tidak layak di konsumsi,” ucap Ramly kepada wartawan.

Awak media juga mewawancarai Markus warga Desa Tateli Weru jaga 2, yang menyampaikan dalam memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari mereka menggunakan fasilitas sumur.

“Kami pakai sumur sendiri, kalau air desa tidak, pipa-pipa untuk menyalurkan air bersih milik desa saja rusak-rusak karena tidak dimasukan dalam tanah,” tutur Markus.

Dengan dasar keluhan masyarakat dan investigasi lapangan, Ketua DPD INAKOR Minahasa Darwin Najoan dan Humas LPK-RI Sulut Maikel Pusung menyambangi Hukum Tua Desa Tateli Weru Aser Mosed.

Dalam penuturannya Aser Mosed menyampaikan tahun 2023 ini telah di rencanakan anggaran Rp. 60.000.000 untuk pembangunan penyaluran air bersih.

Darwin Najoan Ketua DPD INAKOR Minahasa menyampaikan dalam perencanaan pembangunan dana desa hendaknya mempertimbangkan dan melihat dari skala prioritas pembangunan.

Baca juga :  Kabag Ops Polres Pelabuhan Makassar Hadiri Pembukaan Posko Angkutan Laut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kadiskop UKM Pinrang Resmi Tutup Pelatihan Peningkatan Produktivitas Usaha BPVP Pangkep dan Diskop UKM Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Pelatihan Peningkatan Produktivitas Usaha Angkatan ke 6 yang digelar BPVP Pangkep kerjasama Dinas Koperasi UKM...

Pilkada 2024, Mitra Fakhruddin MB Kembalikan Berkas Pendaftaran ke Partai Hanura Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Enrekang hampir menemui titik terang siapa siapa...

Didukung Penuh Gerindra, Yasir Machmud Maju Pilkada Bone

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE - Setelah mendapat konfirmasi dan arahan dari Andi Iwan Darmawan Aras selaku Ketua DPD Partai Gerindra...

Andi Elsa Fadhilah Sakti Doktor Termuda Unhas

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR -- Andi Elsa Fadhilah Sakti dipastikan sebagai doktor termuda yang dihasilkan Universitas Hasanuddin (Unhas) selama...