spot_img

Berkat Lobi Bupati ASA, Bantuan Pertanian Terus Mengalir Untuk Petani

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Kepedulian Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) kepada petani tidak diragukan lagi. Terbukti sejak memimpin Sinjai, berbagai bantuan telah disalurkan baik alat mesin pertanian (Alsintan) maupun bantuan pertanian lainnya.

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai H. Kamaruddin, bantuan yang masuk ke Sinjai merupakan upaya keras Bupati ASA untuk melakukan lobi-lobi intensif di Kementerian Pertanian.

Alhasil, hingga di masa menjelang akhir kepemimpinannya berbagai bantuan terus diterima oleh masyarakat Sinjai melalui anggaran dana alokasi khusus (DAK).

Bahkan, alokasi anggaran yang digelontorkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia di tahun 2023 ini mencapai Rp 17 miliar lebih.

Jumlah ini terbilang meningkat selama dua tahun terakhir dari tahun 2021 yang hanya Rp 1,8 miliar naik menjadi Rp 14 miliar di tahun 2022, dan kembali naik menjadi Rp 17 miliar di tahun 2023.

Pada tahun ini, Pemkab Sinjai kembali akan membagikan sejumlah bantuan ke petani. Baik berupa alat mesin pertanian (alsintan) maupun bantuan pupuk hingga bibit.

Khusus alsintan, beberapa bantuan yang akan segera diserahkan seperti Cultivator 48 unit, Power Tresher (mesin perontok padi) 6 unit, Com Seller (mesin pemipil jagung) 2 unit, Rice Milling Unit (RMU) 2 unit dan pompa air sebanyak 26 unit.

“Insya Allah dalam waktu yang tidak lama atau paling lambat awal bulan Agustus, bantuan ini akan dibagikan kepada kelompok tani,” ucapnya, Senin (24/7/2023).

Baca juga :  Jelang Ramadhan, Polda Sulsel Tingkatkan Intensitas Penindakan 60 Persen ke Pelanggar Lalulintas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Penuh Histeris dan Misterius “Kitab Dari Iblis” Visualisasi Horor Kisah Kelam Setan Patampuloa, Manajemen PH : Tunggu Tayangannya

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Tampil beda dari yang lain, salah satu Production House (PH) di Kota Makassar gegerkan dunia...

Pj Bupati Dr. H. Baba, Dukung USAID dan Muhammadiyah Perkuat Layanan Kesehatan Primer, di Enrekang

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Majelis Pembinaan Kesehatan Umum Pimpinan Pusat (MPKU-PP) Muhammadiyah, bekerjasama dengan USAID MENTARI-PHC, menyelenggarakan "Lauching...

Wujudkan Kamtibmas Kondusif, Polisi RW Polres Pelabuhan Makassar Rutin Patroli Dialogis

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Polisi RW 04 Kelurahan Pattingalloang, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, melaksanakan sambang dan tatap muka serta...

Antisipasi Kerawanan Kamtibmas, Polsek Ujung Tanah Gencar Lakukan Patroli

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Personel penjagaan dan piket fungsi Polsek Ujung Tanah Polres Pelabuhan Makassar, melakukan patroli wilayah dengan...