spot_img

Kepala KPPN Sinjai Paparkan Kinerja Pelaksaan APBN Triwulan II

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sinjai (KPPN), Selasa (2/8/2023), telah melaksanakan kegiatan Evaluasi IKPA dan Press Conference Kinerja APBN Semester II Tahun 2023 bertempat di Aula KPPN Sinjai.

Kegiatan dihadiri para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) satuan kerja lingkup KPPN Sinjai, pejabat BPKAD dan DPMD selaku mitra dalam pengelolaan dana Transfer ke Daerah, Perbankan, serta media massa.

“Kegiatan ini kita laksanakan secara rutin setiap triwulan sebagai bentuk koordinasi sekaligus forum pimpinan untuk saling bersinergi dan berupaya terus menjaga kualitas penyelenggaraan APBN di seluruh unit kerja khususnya lingkup KPPN Sinjai,“ ungkap Kepala KPPN Sinjai, Arif Kurniadi, dalam sambutannya.

Selain itu, Kepala KPPN Sinjai juga menyampaikan, kualitas penyelenggaraan APBN setiap unit kerja tercermin dalam Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran, atau dikenal dengan IKPA, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan capaian output.

Selanjutnya dalam hal evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran, Kepala KPPN Sinjai memaparkan tantangan eksekusi belanja yang dihadapi satker dalam merealisasikan belanja diantaranya perencanaan.

Capaian IKPA KPPN selaku Bendahara Umum Negara s.d triwulan II tahun 2023 sebesar 97,13 dimana dari 8 (delapan) indikator yang diukur dalam IKPA masih terdapat 4 (empat) indikator yang masih perlu mendapat perhatian bersama yaitu deviasi halaman III DIPA, belanja kontraktual, pengelolaan UP dan capaian output.

Realisasi penerimaan negara wilayah Kabupaten Sinjai sampai dengan periode triwulan II tahun 2023 mencapai nilai sebesar Rp 24.310.757.083. Jumlah tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 24,31% apabila dibandingkan triwulan II tahun 2022 dengan didominasi oleh penerimaan bersumber dari PPh Pasal 21 dan PPN Dalam Negeri. Pertumbuhan PPh Final mengalami minus dikarenakan tahun lalu ada PPS (Program Pengungkapan Sukarela).

Baca juga :  Berkunjung ke Kota Batu, Tim SMANSA 80-an Football Club Makassar Gelar Rekreasi dan Troveo Minisoccer

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

181 Guru di Enrekang Ikut Program PGP Angkatan 11

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 181 guru di Kabupaten Enrekang menjadi sasaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan...

Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak 2024, Satbinmas Polres Pelabuhan Makassar Lakukan Binluh

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Guna mengantisipasi beredar paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Bangsa yang bisa mengganggu kamtibmas tahapan Pilkada...

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024 PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebagai anggota Polri yang...

Monitoring Antisipasi Stunting, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Sambangi Posyandu

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Untuk mencegah terjadinya stunting pada balita, Bhabinkamtibmas Polsek Wajo yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru...