spot_img

SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar Gelar Pelatihan Jurnalistik

Bagikan:

Tanggal:

Laporan: Indira Maharani Siswi SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR. Para siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar menggelar pelatihan jurnalistik pada Jumat 4 Juli 2023 di sekolah yang berada di dalam area kampus Unismuh Makassar.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Mahasiswa KKP Angkatan XXVI Fisip Unismuh Makassar 2023 di portal online Media Sulsel.com.

Tampil selaku nara sumber pada pelatihan itu, dosen Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar Dr Muhammad Yahya Mustafa, M.Si.

Mantan wartawan Harian Pedoman Rakyat ini menegaskan, seorang jurnalis atau penulis harus memiliki hobi yang kuat untuk senantiasa membaca.

Lewat membaca itu jadi salah satu faktor sangat menentukan dalam proses penulisan berita atau opini yang akan ditulis.

“Bagi seorang calon penulis atau jurnalis ia harus memiliki keberanian dalam memulai menulis sebab kalau tidak pernah memulai itu berarti tidak akan pernah menjadi seorang penulis atau seorang wartawan” , kata Doktor Sosiologi Politik PPs-UNM ini.

“Modal seorang penulis atau wartawan adalah memiliki wawasan yang luas, penguasaan diksi yang baik, penggunaan rasa bahasa serta ekonomi kata dalam menulis,” katanya.

Wawasan yang luas akan dicapai kalau seseorang punya hobby membaca buku, jurnal dan majalah serta surat kabar cetak dan online.

” Referensi bacaan yang kuat akan terekam pada memori seseorang sehingga dengan mudah penggunan diksi ketika menulis,” tegasnya.

Menulis itu ibarat orang yang sedang belajar berenang, walau membaca beberapa buku teori berenang tetapi tetapi tidak pernah lompat terjun ke dalam air di sungai, kolam renang atau tepi pantai maka dipastikan tidak akan mampu berenang.

Baca juga :  Di Ponpes Shohid, FIKP Unhas Kembangkan Teknik Budi Daya Nila Pakai Terpal

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Prodi S3 PVKT Tempatkan Dua Mahasiswanya Sebagai Lulusan Terbaik PPs UNM

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Program Studi Pendidikan Vokasi Keteknikan di bawah pimpinan Prof. Dr. Purnamawati MPd, menempatkan dua orang...

Haru, Muh Zainal Altim Resmi Sandang Gelar Doktor, Coto Makassar dan Pulu’ Mandoti Menemani Prosesi

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Hari Senin, (10/06/2024) kemarin, menjadi momen bersejarah bagi Muh. Zainal Altim, yang telah menyelesaikan sidang...

Resmi Berubah Bentuk, ITBA Al Gazali Barru Launching & Lantik Rektor Pertama

PEDOMANRAKYAT, BARRU - Bila tidak aral melintang launching (memperkenalkan) perubahan bentuk sekolah tinggi ilmu administrasi (STIA) Al Gazali...

SMP Kristen Elim Makassar Tamatkan 21 Siswa-Siswi, Shandrawaty : Sebuah Langkah Untuk Menggapai Impian

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen Elim Makassar yang berada dalam naungan Yayasan Perguruan Kristen Toraja...