spot_img

Kepsek SMA Negeri 1 Manado Diduga Usir Murid Keluar Kelas, Pusung : Tidak Sejalan Visi Misi Gubernur

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MANADO – Kasus pengusiran siswa oleh Kepsek SMAN 1 Manado menuai kecaman dari Ketua LPK RI Manado Maykel Pusung. Diduga perilaku Kepsek menyimpang dari visi-misi dalam dunia pendidikan, terlebih baru-baru ini Sulut mendapatkan penghargaan Provinsi Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak.

Undang–undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Guru tidak hanya hadir untuk menyampaikan materi pelajaran, tetapi guru juga dituntut untuk bisa menjadi teman yang bisa diajak sharing dengan berbagai permasalahan siswa di dalam belajar.

Maykel Pusung selaku Ketua LPK RI Manado sangat menyayangkan perilaku Kepsek yang melakukan pengusiran siswa disaat jam belajar, dan hal ini tidak sesuai dengan Konsep Guru dalam UU No 14 tahun 2005.

“Bagi saya Kepsek SMAN 1 terindikasi mempermalukan Gubernur, dengan melakukan hal yang tidak sejalan dengan penghargaan yang didapat Gubernur “Sulut Layak Anak” dimana salah satu kriteria penilaian adalah Hak Pendidikan 12 tahun,” ujar Pusung.

“Kepsek SMAN 1 Manado bagi saya gagal memimpin sekolah oleh karena tidak mampu mendidik anak didiknya. Apa gunanya pendidikan sekolah kalau anak melakukan kesalahan atau nakal lalu langsung dikeluarkan dari kelas, terlebih ini dikeluarkan di saat jam belajar. Semestinya Kepsek harus memikirkan psikologi anak yang dilihat langsung teman-teman saat di keluarkan saat jam belajar,” ungkapnya.

Baca juga :  Topang Gaya Hidup Sehat Prajurit, Kodam XIV/Hsn Sajikan Makanan Hangat dan Sehat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

181 Guru di Enrekang Ikut Program PGP Angkatan 11

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 181 guru di Kabupaten Enrekang menjadi sasaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan...

Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak 2024, Satbinmas Polres Pelabuhan Makassar Lakukan Binluh

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Guna mengantisipasi beredar paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Bangsa yang bisa mengganggu kamtibmas tahapan Pilkada...

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024 PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebagai anggota Polri yang...

Monitoring Antisipasi Stunting, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Sambangi Posyandu

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Untuk mencegah terjadinya stunting pada balita, Bhabinkamtibmas Polsek Wajo yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru...