spot_img

Tarian dan Permainan Tradisional Masyarakat Adat Jadi Pusat Perhatian Turis Manca Negara

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA – Hari ketiga peringatan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) dihadiri ribuan warga dan masyarakat adat dari berbagai Kabupaten di Sulawesi Selatan dan Barat, Rabu (9/8/2023) di Obyek Wisata Ke’te Kesu, Kecamatan Kesu, Kabupaten Toraja Utara. Selain itu hadir juga menyaksikan wisatawan mancanegara dan domestik.

Di puncak peringatan HIMAS 2023, turut hadir Dirjen Kementerian Kebudayaan, Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Victor Palimbong, para rektor perguruan tinggi, Sekjen AMAN, Kepala OPD Toraja Utara, tokoh adat dan masyarakat serta para peserta peringatan Hari Internasional Masyarakat Adat Nusantara se-Sulawesi Selatan dan Barat.

Dalam puncak acara masyarakat adat Nusantara menampilkan puluhan tarian dan permainan tradisonal antara lain yang dibawakan oleh anak sekolah adat dari Madandan dengan Tarian Bambu dan Tari Pareba Tua. Selain itu juga masyarakat adat dari Makassar juga menampilkan Gandrang Bulo, Passulling dari Toraja serta tarian dari Bugis yang menggunakan kostum ciri khas Baju Bodo.

Sementara dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang juga sebagai Kepala Kelompok Kerja Masyarakat Adat, Yulianus Limbeng di sela-sela kegiatan menyatakan, di kemendikbud itu pertama ada kegiatan sekolah yang kearifan lokal yang menempatkan  masyarakat adat sebagai subjek, untuk program percepatan pemajuan kompetensi secara partisipatif.

Tema yang diangkat dalam memperingati Hari Internasional Masyarakat Adat Nusantara sangat relevan dan bagaimana pemuda kedepannya sebagai perubahan.

Sebagai pemerintah dari Kemendikbud dan Direktorat Jenderal Kebudayaan, karena berkaitan dengan kebudayaan. Kemudian bagaimana dengan anak-anak muda ini di seluruh daerah kita rekrut sekarang yang disebut sebagai pandu budaya. Mereka ini akan menggerakkan kebudayaan dengan potensi-potensi  kemajuan kebudayaan yang ada di wilayahnya masing-masing dan kemudian pemuda-pemuda ini kita ajak berpikir bersama-sama.

Baca juga :  Sekda Pinrang Beri Penghargaan Peraih Medali di STQH Sulsel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Achmad Ilham : Kampung Barombong No.61 Blok 007 Adalah Tanah Adat C1 Bukan Ex Verponding

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Achmad Ilham, SH, MH, CPL mengungkap keterangan palsu di sidang perdata No. 233 yang digelar...

Euro 2024 : Jerman & Swiss Petik Poin Penuh

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Tuan rumah Jerman dan Swiss masing-masing memetik angka penuh, 3, dalam pertandingan perdana di...

Henry Pongrekun Resmi Terima Rekomendasi Hanura: Siap Bertarung di Tana Toraja

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tak henti-hentinya DPD Hanura Sulsel dilirik oleh calon kepala daerah (Cakada) di Sulsel, kali ini...

Farouk M Beta: IKB PPSP Organisasi Luar Biasa, Panitia Haul Akbar Syekh Yusuf ke 325 Tahun Dibubarkan

PEDOMAN RAKYAT- MAKASSAR. Haul atau Tammu Taunna Syekh Yusuf Al-Makassari sudah dilaksanakan dua kali  (2023 dan 2024 )...