spot_img

LSM Lemkira Minta Kapolda Sulsel Percepat Penetapan Tersangka Kasus Pembangunan Ruas Jalan Sabbang Lutra

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan genjot pembangunan tiga ruas jalan besar di Kabupaten Luwu Utara guna menghubungkan desa yang terisolir.

Ruas jalan itu yaitu Sabbang-Tallang, Tallang–Sae, kemudian Sae sampai di perbatasan Sulbar.

Berdasarkan data yang telah dilansir dibeberapa media, penanganan ruas jalan tersebut, sebelumnya sudah diintervensi di 2019 sejauh 35,3 Km (3 km pengaspalan dan 32 Km timbunan pilihan dan pelebaran 6 m) bersumber dari APBN. APBD I diintervensi sepanjang 29 km dan pelebaran 6 m.

Sementara di 2020 dilakukan pengaspalan sepanjang 14 km yang bersumber dari APBN, dan pengaspalan sepanjang 18 km bersumber dari APBD I.

Sayangnya, dari ketiga pembangunan ruas jalan tersebut, pembangunan Jalan Ruas Sabbang – Tallang Kabupaten Luwu Utara sepanjang 18 KM pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2020 yang dilaksanakan oleh PT. Aiwonden Permai dengan nilai kontrak sebesar Rp. 55. 671. 443. 800,- diduga bermasalah dan kini dalam proses di Tipikor Polda Sulawesi Selatan.

“Semua proyek di sulsel masuk dalam monitor LSM termasuk yang sudah masuk dalam ranah hukum”, kata Ketua Umum LSM Lemkira, Rizal Noma, Rabu (16/08/2023).

Kita menghormati proses hukum yang sementara penyidik tipikor polda sulsel kerjakan. Kita hormati itu, walau Kita tahu jika kasus ini sudah lama bergulir dipolda sehingga wajar jika publik menunggu siapa tersangkanya.

“Proyek pembangunan jalan ruas sabbang-tallang Kabupaten Luwu Utara sepanjang 18 KM dengan nilai kontrak 55.671.443.800 sudah menjadi konsumsi publik. Tak ada yang mesti ditutupi”, tegasnya.

Baca juga :  Direktur UT Makassar Buka Puasa Bersama Pengelola SALUT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Achmad Ilham : Kampung Barombong No.61 Blok 007 Adalah Tanah Adat C1 Bukan Ex Verponding

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Achmad Ilham, SH, MH, CPL mengungkap keterangan palsu di sidang perdata No. 233 yang digelar...

Euro 2024 : Jerman & Swiss Petik Poin Penuh

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Tuan rumah Jerman dan Swiss masing-masing memetik angka penuh, 3, dalam pertandingan perdana di...

Henry Pongrekun Resmi Terima Rekomendasi Hanura: Siap Bertarung di Tana Toraja

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tak henti-hentinya DPD Hanura Sulsel dilirik oleh calon kepala daerah (Cakada) di Sulsel, kali ini...

Farouk M Beta: IKB PPSP Organisasi Luar Biasa, Panitia Haul Akbar Syekh Yusuf ke 325 Tahun Dibubarkan

PEDOMAN RAKYAT- MAKASSAR. Haul atau Tammu Taunna Syekh Yusuf Al-Makassari sudah dilaksanakan dua kali  (2023 dan 2024 )...