spot_img

Gunakan Pakaian Adat Bugis Makassar, Wali Kota Makassar Pimpin Upacara HUT-RI Ke-78

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 78, tahun 2023 tingkat Kota Makassar, digelar di Pelataran Anjungan City Of Makassar. Kamis (17/08/2023).

Upacara HUT RI Ke- 78 Kota Makassar mengusung Konsep Bunga Rampai Kemerdekaan dari Makassar untuk Indonesia.

Konsep Bunga Rampai Kemerdekaan ditandai dengan pengibaran 78 bendera merah putih membentuk akar yang melambangkan usia proklamasi dan bunganya melambangkan Pancasila dan Undang-Udang Dasar Negara.

Dengan mengenakan pakaian adat Bugis-Makassar Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto tampil sebagai inspektur upacara HUT RI Ke -78 tahun.

Nuansa pakaian nasional atau pakaian adat dari berbagai daerah di tanah air, dikenakan pula oleh tamu tamu undangan yang hadir.

Pedoman pakaian yang digunakan saat upacara 17 Agustus 2023 telah diumumkan. Pedoman ini termuat dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris negara tentang Pedoman Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023.

Adapun penyelenggaraan Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 diatur sebagai berikut:

Untuk tingkat daerah, upacara dilaksanakan secara luring, dengan ketentuan :

Upacara dilaksanakan pada lokasi yang ditentukan oleh Kepala Daerah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat, mulai pukul 07.00 waktu setempat (sebelum pelaksanaan upacara di Halaman Istana Merdeka), serta diimbau mengenakan Pakaian Nasional (Adat Daerah).

Kantor Perwakilan, Lembaga yang berada di daerah mengikuti upacara yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi/Kabupaten, Kota setempat.

Kepala Daerah, Forkopimda dan segenap masyarakat diimbau untuk menyaksikan siaran langsung Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Halaman Istana Merdeka, melalui berbagai kanal media (televisi dan media daring lainnya). (*/Hdr)

Baca juga :  Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar Gelar Training Public Speaking

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

181 Guru di Enrekang Ikut Program PGP Angkatan 11

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 181 guru di Kabupaten Enrekang menjadi sasaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan...

Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak 2024, Satbinmas Polres Pelabuhan Makassar Lakukan Binluh

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Guna mengantisipasi beredar paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Bangsa yang bisa mengganggu kamtibmas tahapan Pilkada...

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024 PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebagai anggota Polri yang...

Monitoring Antisipasi Stunting, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Sambangi Posyandu

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Untuk mencegah terjadinya stunting pada balita, Bhabinkamtibmas Polsek Wajo yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru...