spot_img

Peningkatan Akses Informasi Hukum Melalui Workshop Keluarga Sadar Hukum di Kota Makassar

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Kekurangan akses terhadap informasi hukum telah menjadi isu krusial yang dihadapi oleh banyak individu dalam urusan hukum mereka. Ketidakpahaman akan prosedur hukum sering kali berakibat pada penurunan kepercayaan terhadap sistem keadilan dan dianggap menghambat efektivitas layanan hukum.

Dr. Daniati, S.STP, MH, Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Makassar, menyoroti masalah ini dalam laporan kegiatan workshop “Pemetaan Administrasi Kelompok Keluarga Sadar Hukum (KADARKUM)” yang diselenggarakan di Karebosi Primer Hotel pada Jumat, 18 Agustus 2023.

Tujuan dari workshop ini adalah memberikan pemahaman mendalam mengenai aturan hukum kepada masyarakat yang terlibat dalam proses hukum secara berkeluarga di lingkungan masyarakat setempat.

Pemerintah Kota Makassar telah mengambil langkah signifikan dengan membentuk kelompok “Keluarga Sadar Hukum” di setiap kelurahan di kota tersebut. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman hukum di kalangan masyarakat dan memastikan bahwa sumber daya manusia yang terlibat dalam kelompok KADARKUM terus berkembang.

Pelatihan dan pemetaan administrasi kelompok ini menjadi bagian dari upaya berkelanjutan dalam mengembangkan pemahaman hukum di tengah-tengah masyarakat.

Selain memberikan pemahaman tentang pemetaan administrasi kelompok sadar hukum, workshop ini juga berfokus pada memberikan akses informasi dan pengetahuan mengenai prosedur yang tepat.

Dr. Daniati mengungkapkan, “Penting bagi peserta untuk memahami tata cara pemetaan administrasi kelompok sadar hukum.”

Acara tersebut diawali dengan pembukaan oleh Staf Ahli Pemerintahan Bidang Hukum dan Politik, Drs. Irwan Bangsawan, M.Si. Dua narasumber utama, yakni Wiryawan Batara Kencana, SH, MH dari Kejaksaan Negeri Makassar, Akhmad Rianto SH.MH (Advokat / Praktisi Hukum), serta Mursalim Jalil, SH, MH (Advokat dan Praktisi Hukum), turut berbagi pengetahuan mereka dalam workshop ini. Acara ini dihadiri oleh sekitar 80 peserta dari kelompok KADARKUM.

Baca juga :  Hanura Sulsel Buka Pendaftaran Cakada 2024, Amsal Perintahkan Seluruh DPC Untuk Bentuk Tim TPPD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Sedang Tunaikan Ibadah Haji, Sujud Syukur Sekda Takalar Atas Kelulusan Muh Irsyaad di FK Unhas

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Semua orang tua menginginkan yang terbaik buat pendidikan anak-anaknya ketika mengenyam pendidikan di perguruan tinggi...

Bersiap Jelang Lebaran Idul Adha 1445 H, Kompleks BDP Perintis Makassar Bersih-Bersih

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Perayaan hari raya idul adha atau dikenal juga hari qurban 1445 Hijiriah sisa beberapa hari...