spot_img

Ini Program Unggulan Pemkab Sinjai di Sektor Pertanian

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT — SINJAI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai terus berupaya mendorong kemajuan daerah dan meningkatkan ekonomi masyarakat melalui program strategis di berbagai sektor.

Khusus di sektor pertanian yang dinilai memiliki pengaruh siginfikan dalan mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, Pemkab Sinjai dibawah nahkoda Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) berbagai program unggulan telah direalisasikan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai H. Kamaruddin mengatakan, selain pemberian alat mesin pertanian (Alsintan) yang sudah melampaui target, berbagai program lainnya terus dipacu hingga diakhir kepemimpinannya saat ini dalam rangka menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Sinjai.

Seperti pembangunan atau perbaikan Jalan Usaha Tani (JUT) dengan target 20 km/tahun, saat ini sudah tercapai 85,41 km atau 85 % dan ditargetkan tercapai 100 % diakhir tahun 2023 ini melalui dana alokasi khusus (DAK).

Bantuan bibit pohon saat ini telah terealisasi 1.573.842 bibit pohon dari target 50.000 pohon/tahun atau saat ini telah mencapai persetase 629 %, kemudian bantuan benih padi dari target 150 ton/ tahun kini sudah mencapai 635,5 ton.

Sedangkan program pendirian Badan Usaha Milik Petani (BUMP) saat ini juga telah tealisasi 35 unit dan tahun ini kembali akan didirikan 5 BUMP di beberapa desa di Kabupaten Sinjai.

Kamaruddin juga mengungkapkan bahwa khusus komoditi padi capaian produksi tahun 2022 sebanyak 45,57 kw/ha GKG atau 103.310 ton dari luas panen 22.650 ha.

Sedangkan untuk tahun 2023 ini luas pertanaman komoditi padi seluas 26.142 ha dan realisasi panen hingga bulan juli 2023 luas 11.798 ha.

Baca juga :  Kapoksahli Pangdam XIV/Hsn Hadiri Celebes Strategic Forum 2 dan Munas XIX IKAMI Sulsel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kadiskop UKM Pinrang Resmi Tutup Pelatihan Peningkatan Produktivitas Usaha BPVP Pangkep dan Diskop UKM Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Pelatihan Peningkatan Produktivitas Usaha Angkatan ke 6 yang digelar BPVP Pangkep kerjasama Dinas Koperasi UKM...

Pilkada 2024, Mitra Fakhruddin MB Kembalikan Berkas Pendaftaran ke Partai Hanura Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Enrekang hampir menemui titik terang siapa siapa...

Didukung Penuh Gerindra, Yasir Machmud Maju Pilkada Bone

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE - Setelah mendapat konfirmasi dan arahan dari Andi Iwan Darmawan Aras selaku Ketua DPD Partai Gerindra...

Andi Elsa Fadhilah Sakti Doktor Termuda Unhas

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR -- Andi Elsa Fadhilah Sakti dipastikan sebagai doktor termuda yang dihasilkan Universitas Hasanuddin (Unhas) selama...