spot_img

Festival Permainan Tradisional, Bupati ASA Ikut Bermain Bersama Warga

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Ada yang menarik dalam pembukaan Festival Permainan Tradisional Budaya yang dilaksanakan oleh PKBM Todilaling di Pelataran Stadion H. Andi Bintang Sinjai, Jumat (25/8/2023).

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) bersama Kapolres Sinjai AKBP Fery Nur Abdullah dan Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Sumardi tampak ikut berbaur warga mencoba berbagai macam permainan tradisional.

Beberapa permainan tradisional yang dijajal oleh orang nomor satu di Sinjai seperti Madende (mabbelle), Ma’longgak (engrang), lompat karet, terompah dan lompat bambu.

Bupati ASA mengatakan, aneka permainan tradisional saat ini harus dilestarikan. Selain sebagai khazanah kebudayaan, juga menjadi media edukasi yang efektif untuk melatih kebersamaan dan kekompakan.

“Permainan seperti ini sekarang sudah mulai hilang atau tidak lagi dimainkan oleh anak-anak jaman sekarang, mereka sudah mulai berpindah dari permainan tradisional menuju permainan modern melalui gadget,” ucapnya.

Untuk itu, Bupati ASA berharap permainan ini tidak hanya dilakukan kali ini saja namun juga dapat diagendakan secara rutin sehingga permainan dan budaya ini dapat dilestarikan hingga masa yang akan datang. (adz)

Baca juga :  Hadap Diri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Yayasan Tamalatea Makassar Selenggarakan Sholat Idul Adha Berjamaah

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Yayasan Tamalatea Makassar dengan penuh suka cita menyelenggarakan perayaan Sholat Idul Adha 1445 H pada...

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...