spot_img

Cegah Stunting, KKN-T IAIN Bone Gelar Penyuluhan Makanan Sehat Berbahan Dasar Labu Kuning

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, BONE — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) IAIN Bone posko 36 Desa Biccoing menggelar penyuluhan pencegahan stunting dengan tema “Edukasi Sehat Berbasis Sayuran Berbahan Dasar Labu Kuning”.

Kegiatan tersebut berlangsung di TK Mattiro Deceng desa Biccoing Kecamatan Tonra Kabupaten Bone, Sabtu (26/8/2023).

Acara ini dihadiri oleh kepala UPT PKM Puskesmas Tonra sebagai pemateri, Kepala Desa Biccoing, Babinsa Biccoing, ibu-ibu PKK serta orang tua dari murid TK.

Dalam sambutannya Kepala desa Biccoing Erwing mengapresiasi atas penyuluhan yang diprogramkan peserta KKN posko 36 ini, karena pencegahan stunting juga termasuk program dari pemerintahan pusat.

“Tentu kita sangat mendukung kegjatan ini karena penvegahan stuntim juga merupakan perintah langsung dari pemerintah pusat, provinsi, sampai ke desa” ujarnya.

Kepala UPT Puskesmas Tonra dr. Wina Yulianty Achmad menyampaikan bahwa di wilayah sudah tersedia banyak makanan sehat mulai dari perikanan, pertanian, hingga sayur-sayuran untuk memenuhi gizi anak.

“Indonesia merdeka tapi apakah kita akan merdeka dengan makanan kita. Di tonra ini saya kenal sekali, hasil launtnya ada, berasnya ada. Tapi bagaimana cara kita mengolah” ucapnya.

Yulianty mengharapkan kepada warga agar harus kembali ke bahan dasar yang ada di lingkungan sekitar kita. Seperti halnya labu kuning dan lainnya yang bisa diolah menjadi makanan yang sehat untuk anak-anak agar terhindar dari stunting. Labu kuning juga memiliki berbagai macam vitamin dan protein serta banyak mengandung serat.

“Mulai dari 6 bulan, anak bisa diberikan labu kuning. Teksturnya lembut, karbohidrat tinggi, kaya akan vitamin A, dan tinggi serat” tambahnya.

Baca juga :  Data Terbaru Dinkes Sinjai, Kasus Positif Covid-19 Bertambah Sebanyak 11 Orang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Farouk M Beta: IKB PPSP Organisasi Luar Biasa, Panitia Haul Akbar Syekh Yusuf ke 325 Tahun Dibubarkan

PEDOMAN RAKYAT- MAKASSAR. Haul atau Tammu Taunna Syekh Yusuf Al-Makassari sudah dilaksanakan dua kali  (2023 dan 2024 )...

181 Guru di Enrekang Ikut Program PGP Angkatan 11

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 181 guru di Kabupaten Enrekang menjadi sasaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan...

Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak 2024, Satbinmas Polres Pelabuhan Makassar Lakukan Binluh

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Guna mengantisipasi beredar paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Bangsa yang bisa mengganggu kamtibmas tahapan Pilkada...

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024 PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebagai anggota Polri yang...