spot_img

Ikut MBKM, Dua Mahasiswa UCM Terbang ke Sorong

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR — Dua mahasiswa Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM) M.Fajar Islam A.M. dan Muammar Qaddafi bin Ismail, Kamis (31/8/2023) menggunakan pesawat Batik Air terbang ke Sorong Papua Barat Daya guna mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas Kementerian Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Kemenristekdikti).

Kedua mahasiswa dari Program Studi Manajemen Fakultas Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Humaniora (FISEH) UCM tersebut akan mengikuti ‘kuliah’ selama satu semester di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kampus. Mahasiswa juga mendapat pengakuan capaian pembelajaran yang memperkuat relevansi mereka di dunia kerja. Untuk itu, MBKM harus berkembang secara mandiri guna mendorong pembelajaran inovatif.

Ketua Pusat Pelaksana Kampus Merdeka Gugup Kismono di acara Media Gathering Kampus Merdeka 2023 di Jakarta, Jumat (25/8/2023), mengatakan 70% pembelajaran dapat dicapai dari pelaksanaan kurikulum selama lima semester. Sedangkan 30% sisanya dilakukan lewat pembelajaran dengan pilihan nonkonvensional.

Rektor UCM Prof.Dr.H.M.Tahir Kasnawi, SU, didampingi Wakil Rektor I Dr.H.Ibrahim Saman, S.E.,M.M. melepas keberangkatan kedua mahasiswa ditandai dengan pemasangan jaket UCM warna merah darah, disaksikan para dosen UCM yang hadir.

“Sampaikan informasi mengenai UCM sesuai visi misinya kepada mahasiswa dan pimpinan di sana,” pinta Prof.Tahir Kasnawi.

Wakil Rektor I UCM Ibrahim Saman juga mengharapkan agar kedua mahasiswa UCM tersebut menjaga nama baik almamater selama melaksanakan kegiatan akademik di sana. Tetap menjaga perilaku karena budaya dan adat istiadat masyarakat di daerah yang didatangi berbeda dengan tradisi di Sulawesi Selatan.

Baca juga :  Didampingi Kapolres Pelabuhan Makassar, Kapolda Sulsel Kunjungi Situs Bersejarah Makam Pangeran Diponegoro

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sekdisdik Sulsel A Ibrahim Jadi Pemateri di IHT SMAN 1 Barru, Ingatkan ke Guru Pesan Ki Hajar Dewantara

PEDOMANRAKYAT, BARRU - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Barru melaksanakan In House Training (IHT) yang dibuka Sekretaris...

Ciptakan Persatuan dan Kerukunan, Anggota Koramil 1408-08/Makassar Ajak Warga Lestarikan Lingkungan Sehat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Koramil 1408-08/Makassar bersama warga binaan melakukan kegiatan Karya Bakti pembersihan selokan, pasar dan penanaman pohon...

IKA IPA 9-10 SMANSA 82 Gelar Reuni di Malino, Dimeriahkan Lomba Karaoke dan Pertandingan Domino

PEDOMANRAKYAT, MALINO - Keluarga Besar Ikatan Alumni (IKA) IPA 9-10 SMA Negeri 1 (SMANSA) Makassar Angkatan 1982 kembali...

GMKI Kota Makassar Gelar Dialog Cawalkot 2024, Ahmad Susanto Sampaikan Ini ke Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Makassar menggelar dialog bersama jajaran calon pemimpin di Kota Makassar. Dialog...