spot_img

Pulau Gusung Tallang, Destinasi Wisata Bahari di Makassar yang Makin Populer

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT-MAKASSAR. Suasana ceria menggambarkan suasana hati yang senang dan bahagia terpancar dengan jelas begitu para pengunjung menginjakkan kakinya di pulau berpasir putih nan mempesona.

Itulah dia, Pulau Gusung Tallang di kota Makassar, kini merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang makin populer di kalangan wisatawan.

Obyek wisata bahari ini merupakan pulau kecil berpasir putih ditengah air laut biru yang siap memanjakan mata yang melhatnya.

Awalnya, pulau ini adalah sebuah tanggul penahan ombak yang masuk ke areal Pelabuhan Makassar. Tanggul ini memanjang dari utara ke selatan sepanjang kurang lebih 1200 meter. Karena proses sedimentasi secara terus menerus selama puluhan tahun akhirnya sebagian tanggul yang terbuat dari beton itu tertutup dengan pasir putih.

Pulau Gusung Tallang ini juga disebut dengan Lae-Lae kecil, ini dikarenakan letak pulau ini berada ditengah Pulau Lae-Lae dan Pulau Kayangan.

Tapi, pulau ini lebih populer dengan sebutan Pulau Gusung Tallang ( tenggelam ), dulu sebelum pulau itu seperti sekarang ini “masih kecil ” jika air pasang pulau itu tidak nampak atau tenggelam.

Pulau Gusung Tallang ini masuk dalam wilayah Kelurahan Lae-Lae Kecamatan Ujung Pandang , Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Jarak dari Makassar ke pulau tersebut kurang lebih 1,5 km dengan waktu tempuh dengan menggunahan speed boad sekitar 15 menit.

Pulau Gusung Tallang ini bukan hanya menjanjikan keindahan di atas air saja berupa hamparan pasir putih sepanjang mata memandang, tapi juga keindahan bawah laut yang bisa disaksikan dengan bersnorkling.

Baca juga :  KKM Bone Bakal Gelar Tudang Sipulung, Bicarakan Penamaan Arung Pone

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Achmad Ilham : Kampung Barombong No.61 Blok 007 Adalah Tanah Adat C1 Bukan Ex Verponding

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Achmad Ilham, SH, MH, CPL mengungkap keterangan palsu di sidang perdata No. 233 yang digelar...

Sabtu Besok, KAHMI Makassar Akan Gelar Rakor Pengurus

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Majelis Daerah (MD) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kota Makassar akan menggelar Rapat Koordinasi...

Raja Gowa ke 38 Andi Kumala Idjo Akan Kembali ke Istana Balla Lompoa

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pengacara Andi Kumala Idjo Raja Gowa ke 38 atau Sombayya Ri Gowa, Wawan Nur Rewa...

Kajati Sulsel Dampingi Kaban Pemulihan Aset Kejaksaan Menyampaikan Kuliah Umum di Unhas

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan Agus Salim, S.H., M.H. mendampingi Kepala Badan Pemulihan Aset Kejaksaan...