spot_img

Tindakan Oknum Polisi Menyita Puluhan Kubik Kayu Tidak Diterima Baik Oleh Pengusaha

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE – Tindakan oknum polisi yang menyita puluhan kubik kayu yang turun di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare pada 5 September 2023 lalu, tak diterima baik Baso Rustam selaku pimpinan UD. Hikma. Tindakan aparat yang diduga tak prosedur itu disampaikannya ketika melakukan konferensi pers di Cafe S3 Box, Jumat (8/9/2023).

Sebagaimana diutarakan Elimran yang mendampingi Baso Rustam, kayu asal Kalimantan Timur itu bukan kayu ilegal karena dilengkapi dokumen resmi. Sementara oknum polisi itu bertindak dinilainya tidak sesuai prosedur karena tak memperlihatkan surat perintah.

Mereka menggiring kayu dan dibongkar di tempat usaha di Lapadde, kemudian memasang police line. Namun anehnya, police line itu hanya dipasang sebentar kemudian dibuka lagi. Selanjutnya memberikan Surat Tanda Penerimaan Penitipan Titip Rawat yang diberikan AKP Jayadi Djaya, S.Sos dan diterima Baso Rustam dengan disaksikan Ilham Saputra (polisi) dan Muh. Ilyas.

Baso Rustam menilai tindakan polisi bukan ranahnya untuk memeriksa persoalan kayu itu karena menurutnya itu merupakan wewenang Dinas Kehutanan. Sebab Dinas Kehutananlah yang mengeluarkan dokumen bahwa kayu itu legal.

Menurutnya, kejadian yang dialaminya ini merupakan kejadian yang sering dialami juga pengusaha kayu lainnya. “Biasanya muncul ‘deal-deal’ yang terkadang memberatkan pengusaha sebab nilainya puluhan juta rupiah,” ungkap Baso.

Pengusaha kayu ini jenuh dengan tindakan oknum polisi dari Polda Sulsel yang datang menyita dan menahan kayu dengan dalih mempersoalkan dokumen kayu. “Bukan kami tidak ingin berbagi, masalahnya yang diminta terlalu besar dan mematikan kami sebagai pengusaha,” ungkap Elimran didampingi Baso Rustam. (TA)

Baca juga :  Lagi, Kasus Pencurian Motor Terjadi di Toraja Utara, Korbannya Seorang Pelajar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Wartawan Kompeten Harus Bisa Hentikan Penyebaran Berita Bohong

Laporan : Manaf Rachman WAKIL Ketua PWI Sulsel bidang organisasi, H. Manaf Rachman dalam sambutannya mewakili ketua PWI Sulsel...

Selamat, Dinas PUPR Sinjai Raih Penghargaan Bidang Jasa Konstruksi dari Kementerian PUPR

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sinjai dinobatkan sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD)...

Berkat Sinergitas Yang Solid, Bidang Kearsipan DPK Sulsel Raih Nilai Sangat Memuaskan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR-- Kearsipan Sulawesi Selatan membuat sejarah, setelah mendapat nilai A atau memuaskan pada penilaian pengawasan kearsipan. Hal ini...

Piala Eropa 2024: Grup B: Spanyol Raih Angka Penuh, Iralia Lolos ‘Dramatis’

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR. Spanyol, Grup B, membukukan angka penuh, 9, dan menjadi tim pertama yang tidak terkalahkan dari dua...