spot_img

Wakili Pangdam, Kasdam XIV/Hsn Pimpin Rapat Kajian Pencegahan Lakalalin di Lingkungan Kodam XIV/Hsn

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Kasdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI M. Syech Ismed, SE, M.Han mewakili Pangdam memimpin Rapat Kajian Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas di Lingkungan Kodam XIV/Hasanuddin, bertempat di Ruang Bina Yudha (RBY) Makodam, Kota Makassar, Jumat (8/9/2023).

Dalam rapat yang dihadiri oleh sejumlah Pejabat Utama (PJU) dan juga diikuti melalui Video Conference (Vicon) oleh seluruh jajaran Kodam XIV/Hasanuddin ini, bertujuan untuk membahas dan berbagi informasi hingga menjadi satu visi, untuk mencegah akan terjadinya kecelakaan lalu lintas bagi prajurit.

Kasdam mengatakan, terjadinya kecelakaan lalu lintas diakibatkan adanya banyak faktor, salah satunya adalah dikarenakan faktor manusia itu sendiri, seperti dengan adanya gaya hidup yang hedonism atau flexing, yaitu tindakan menyombongkan diri.

Oleh karenanya dalam forum diskusi ini, Brigjen Ismed menyampaikan sejumlah saran sebagai salah satu upaya preventif untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Di tempat yang sama, Pamen Ahli Bidang Ideologi dan Politik Poksahli Pangdam XIV/Hasanuddin, Kolonel Inf Fajar Nugraha, memaparkan tentang analisa yang dikembangkan melalui Teknik SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) akan kejadian Lakalalin di lingkup Kodam XIV/Hasanuddin.

Menurutnya, terjadinya Lakalalin bukan hanya dari faktor manusia saja, melainkan kurangnya pengecekan dan kontrol kondisi kendaraan yang kurang optimal, terbatasnya sarana informasi dan sosialisasi, serta adanya ancaman dari luar seperti kondisi jalan yang rusak, kurangnya rambu-rambu dan faktor dari kelalaian kendaraan lain.

“Kita punya kerjasama dengan aparat terkait seperti Polisi dan Dishub serta kita punya aparat penegak hukum yaitu Pom, Penyelidikan dan Kumdam serta Lembaga pendidikan yang siap mendidik anggota khususnya kemampuan dalam mengemudi,” imbuhnya. (*Rz)

Baca juga :  Dokter Abdul Rahman Rauf Diaklamasi Sebagai Ketua KKLT Periode 2024-2029

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

181 Guru di Enrekang Ikut Program PGP Angkatan 11

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 181 guru di Kabupaten Enrekang menjadi sasaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan...

Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak 2024, Satbinmas Polres Pelabuhan Makassar Lakukan Binluh

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Guna mengantisipasi beredar paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Bangsa yang bisa mengganggu kamtibmas tahapan Pilkada...

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024 PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebagai anggota Polri yang...

Monitoring Antisipasi Stunting, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Sambangi Posyandu

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Untuk mencegah terjadinya stunting pada balita, Bhabinkamtibmas Polsek Wajo yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru...