spot_img

Semua Desa Di Takalar Sebaiknya Punya Website Desa

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, TAKALAR — Semua desa di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, sebaiknya punya website desa agar mudah berinteraksi dan memberikan pelayanan kepada asyarakat, sekaligus sebagai pertanggungjawaban dan dapat dikenali oleh masyarakat luas.

“Sebaiknya semua desa di Takalar punya website desa. Website desa penting sebagai pusat informasi local, sebagai media koordinasi keamanan desa, sebagai media silaturrahim perangkat desa dengan warga, serta sebagai alat untuk meningkatkan SDM desa antara lain dengan membuat video bercocok tanam yang baik dan benar, video peternakan, video industri rumah tangga, dan lain-lain,” kata wartawan senior Asnawin Aminuddin.

Hal itu ia kemukakan saat tampil sebagai pemateri pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparat Desa se-Kabupaten Takalar Tahun 2023, di Hotel Lynt, Jl Hertasning, Makassar, Ahad, 17 September 2023.

Asnawin yang membawakan materi “Peran Jurnalis dalam Meningkatkan Akses Pembangunan Desa” mengatakan, banyak manfaat dengan adanya website desa.

“Banyak manfaat dengan adanya website desa, antara lain menjadi media promosi dan pengembangan desa, menjadi media publikasi kegiatan desa, meningkatkan pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah desa, menjadi alat komunikasi dua arah, serta menjadi sumber data yang lengkap bagi pemerintah desa dan masyarakat setempat,” kata Asnawin.

Dia mengatakan, sejumlah desa di Takalar sudah memiliki website desa, tetapi hanya sedikit dari website desa tersebut yang rajin memposting berita-berita dan informasi terbaru, bahkan ada website desa yang data terbarunya diposting satu tahun lalu.

“Website desa selain selengkap mungkin fiturnya, juga harus sering diperbaharui berita atau informasinya, sehingga menjadi akrab di mesin pencari internet. Dalam hal ini, pemerintah desa juga perlu menugaskan khusus satu dua orang sebagai pengelola website desa, dan juga bisa meminta bantuan anak-anak desa yang sedang kuliah untuk membantu mengisi beragam informasi dan berita di website desa tersebut,” tutur Asnawin.

Baca juga :  Sambut HUT Bhayangkara ke-76, Polres Gowa Gelar Donor Darah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kadiskop UKM Pinrang Resmi Tutup Pelatihan Peningkatan Produktivitas Usaha BPVP Pangkep dan Diskop UKM Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Pelatihan Peningkatan Produktivitas Usaha Angkatan ke 6 yang digelar BPVP Pangkep kerjasama Dinas Koperasi UKM...

Pilkada 2024, Mitra Fakhruddin MB Kembalikan Berkas Pendaftaran ke Partai Hanura Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Enrekang hampir menemui titik terang siapa siapa...

Didukung Penuh Gerindra, Yasir Machmud Maju Pilkada Bone

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE - Setelah mendapat konfirmasi dan arahan dari Andi Iwan Darmawan Aras selaku Ketua DPD Partai Gerindra...

Andi Elsa Fadhilah Sakti Doktor Termuda Unhas

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR -- Andi Elsa Fadhilah Sakti dipastikan sebagai doktor termuda yang dihasilkan Universitas Hasanuddin (Unhas) selama...