spot_img

Rahmat Budiman, S.S, M. Hum, Ph.D: Rekruitmen Mahasiswa UT Lewat RPL Mencapai 40 Ribu

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR. Saat ini dari total jumlah mahasiswa Universitas Terbuka (UT) mencapai 500 ribu lebih, sekitar 40 ribu mahasiswa direkrut lewat penerimaan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

RPL ini merupakan pengakukan atas capai pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, non formal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.

Demikian ditegaskan Wakil Rektor IV UT, Rahmat Budiman, S.S, M. Hum, Ph.D didampingi Direktur UT Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim SE MM kepada media Sabtu malam 16 September 2023 di Hotel Unhas Tamalanrea Makassar.

Dijelaskan, penerimaan mahasiswa UT lewat jalur RPL membuka kesempatan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk menikmati pendidikan tinggi sekaligus pemerataan pendidikan.

Ditengah masyarakat cukup banyak warga negara yang meniti karier dan berpengalaman pada bidang karier yang ditekuti serta berminat melanjutkan jenjang pendidikan tinggi tetapi dibatasi oleh waktu kesibukan kerja.

Maka lewat RPL warga negara yang sudah cukup lama berkarier pada bidang tugasnya dapat melanjutkan jenjang pendidikan dengan melakukan penyetaraan mata kuliah dengan profesi yang yang telah ditekuni selama ini.

Rahmat mengambil contoh seorang kepala desa yang telah lama menjalankan amanah dari rakyat menjalankan pemerintahan di tingkat desa. Kepala desa dapat misalnya memilih lanjut studi pada prodi Ilmu Pemerintahan dengan melakukan penyetaraan pelatihan, workshop dan pendidikan lainnya yanf dibuktikan dengan surat keterangan.

Pola rekruitmen mahasiswa baru dengan cara RPL akan memberi peluang kepada mahasiswa tidak sampai empat tahun menjalani proses perkuliahan.

Baca juga :  53 Pasien Katarak Jalani Operasi Gratis AMCF di RSUD KH. Haiyung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Andi Elsa Fadhilah Sakti Doktor Termuda Unhas

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR -- Andi Elsa Fadhilah Sakti dipastikan sebagai doktor termuda yang dihasilkan Universitas Hasanuddin (Unhas) selama...

Pj Bupati Enrekang Resmikan Pondok Pesantren DDI Mangkoso Kampus IV Cakke

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba menghadiri acara halal bi halal dan peresmian Pondok Pesantren...

Bangun Keakraban dan Sinergitas, Prodi S3 PVKT UNM Adakan Halal Bihalal

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Membangun keakraban, sinergitas, kesamaan persepsi, serta silaturahmi, menjadi tema pokok dalam kegiatan halal bihalal dan...

Dosen Komunikasi Fisip Unismuh Latih Jurnalisme Warga bagi 25 Pimpinan Cabang Aisyiyah se-Kota Makassar

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR.- Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar tergabung dalam Tim Hibah RisetMu Batch VII Skema...