spot_img

Sastrawan Muda Asia Tenggara Buat Faisal Oddang

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR. Faisal Oddang, S.S.,M.Hum, yang sehari-hari adalah dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dianugerahi penghargaan “Sastrawan Muda Mastera” , hasil kerja sama Majelis Sastra Asia Tenggara (Mastera) tahun 2023.

Berdasarkan surat undangan yang disampaikan kepada Faisal Oddang, Mastera beranggotakan Negara Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand dan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Penghargaan tersebut akan diserahkan dan dikaitkan dengan Seminar Antarbangsa Kesusastraan Asia Tenggara yang dilaksanakan Rabu (20/9/2023) di Aula Sasadu Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Jl.Daksinapati Barat IV Rawamangun, Jakarta Timur.

Faisal Oddang lahir 18 September 1994 termasuk salah seorang penulis asal Sulawesi Selatan. Ia menulis puisi, cerpen, dan novel. Sebagian besar karya yang ditulisnya bertema tentang tradisi dan adat istiadat di Sulawesi.

Karya-karya alumni Jurusan Sastra Indonesia Universitas Hasanuddin ini pernah mendapatkan beberapa penghargaan, di antaranya Penghargaan Cerpen terbaik ‘Kompas’ (2014) atas cerpennya berjudul “Di Tubuh Tarra dalam Rahim Pohon”.

Berdasarkan catatan Wikipedia, pada tahun yang sama, 2014, ia juga mendapatkan penghargaan “ASEAN Young Writers Award” (2014) dari pemerintah Thailand. Novelnya berjudul “Puya ke Puya” menjadi pemenang ke-4 dalam Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta (2015) dipilih sebagai novel terbaik oleh majalah Tempo dan menobatkan Faisal Oddang sebagai Tokoh Seni Tempo 2015 di bidang prosa.

Pada tahun 2016, Faisal mengikuti residensi penulis di Belanda dengan dukungan Komite Buku Nasional. Selain itu, ia juga diundang menghadiri “International Writing Program” (2018) di Iowa City (Amerika Serikat), dan pada tahun yang sama menerima Robert Bosch Stiftung and Literariches Colloquium Berlin Grants 2018.

Baca juga :  Kasatreskrim Torut Berganti, Eko Suroso : Buat Terobosan dan Jalin Kekompakan Sesama Anggota

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kadiskop UKM Pinrang Resmi Tutup Pelatihan Peningkatan Produktivitas Usaha BPVP Pangkep dan Diskop UKM Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Pelatihan Peningkatan Produktivitas Usaha Angkatan ke 6 yang digelar BPVP Pangkep kerjasama Dinas Koperasi UKM...

Pilkada 2024, Mitra Fakhruddin MB Kembalikan Berkas Pendaftaran ke Partai Hanura Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Enrekang hampir menemui titik terang siapa siapa...

Didukung Penuh Gerindra, Yasir Machmud Maju Pilkada Bone

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE - Setelah mendapat konfirmasi dan arahan dari Andi Iwan Darmawan Aras selaku Ketua DPD Partai Gerindra...

Andi Elsa Fadhilah Sakti Doktor Termuda Unhas

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR -- Andi Elsa Fadhilah Sakti dipastikan sebagai doktor termuda yang dihasilkan Universitas Hasanuddin (Unhas) selama...