spot_img

Tangkis Dakwan Jaksa, AS Terdakwa Kasus Perintangan Korupsi Tambang Ajukan Eksepsi

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, KENDARI – Amel Sabara (AS) terdakwa kasus dugaan perintangan proses penyidikan atau obstruction of justice dalam kasus korupsi tambang di Wilayah Izin Usaha (WIUP) PT Antam, Blok Mandiodo, Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) ajukan eksepsi.

Melalui kuasa hukumnya, Amel Sabara akan mengajukan pembelaan (eksepsi) setelah mendengar pembacaan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra pada sidang perkara kasus dugaan perintangan di Pengadilan Negeri (PN) Kelas I Kendari, Kamis (21/9/2023).

“Atas dasar dakwaan JPU, kita (kuasa hukum AS) akan mengajukan eksepsi, bantahan terhadap dakwan JPU,” ucap Kuasa Hukum AS, Choerul Moeslim J kepada awak media ini.

Dia menjelaskan, dakwaan jaksa terhadap kliennya itu tidak lepas dari pasal yang diterapkan. Dimana, AS disangkakan telah melakukan tindak pidana perintangan atas kasus dugaan korupsi tambang Direktur PT Kabaena Kromit Pratama (KKP), Andi Andriansyah (AA) yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejati Sultra.

Dalam dakwaan JPU itu, berdasarkan keterangan kliennya bahwa apa yang menjadi pokok dakwaan tidak benar dan tidak sesuai dengan fakta persidangan.

“Banyak mengabaikan terkait fakta yang sesungguhnya di dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) atau dibalik peristiwa yang dialami klien kami,” katanya.

Sementara itu, tim kuasa hukum lainnya, Muh. Aljebra Al Iksan Rauf menjelaskan di dalam dakwaan JPU sudah diterangkan mengenai kronologisnya, yang mana AS disebut oleh JPU sebelummya menemui dua orang Jaksa di Kejati Sultra.

Merunut penjelasan JPU, dua Jaksa tersebut merasa tertekan dan takut ketika ditemui AS, apalagi berhubungan dengan penerimaan uang dalam upaya membantu tersangka AA bebas dari pusaran kasus korupsi tambang.

Baca juga :  Hadiri Rakor Lintas Sektoral, Kodam XIV/Hasanuddin Siap Laksanakan Arahan Panglima TNI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Ciptakan Persatuan dan Kerukunan, Anggota Koramil 1408-08/Makassar Ajak Warga Lestarikan Lingkungan Sehat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Koramil 1408-08/Makassar bersama warga binaan melakukan kegiatan Karya Bakti pembersihan selokan, pasar dan penanaman pohon...

IKA IPA 9-10 SMANSA 82 Gelar Reuni di Malino, Dimeriahkan Lomba Karaoke dan Pertandingan Domino

PEDOMANRAKYAT, MALINO - Keluarga Besar Ikatan Alumni (IKA) IPA 9-10 SMA Negeri 1 (SMANSA) Makassar Angkatan 1982 kembali...

GMKI Kota Makassar Gelar Dialog Cawalkot 2024, Ahmad Susanto : Kelompok Rentan dan Intoleran Sangat Penting Bagi Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Makassar menggelar dialog bersama jajaran calon pemimpin di Kota Makassar. Dialog...

Satresnarkoba Polres Pelabuhan Amankan Empat Pelaku Narkotika Jenis Sabu Seberat 6,795 kg

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Polres Pelabuhan Makassar menggelar Konferensi Pers terkait pengungkapan peredaran Narkotika jenis Sabu 6,7 Kilogram di...