spot_img

Bagikan:

Tanggal:

Dispopar Enrekang dan Pemuda Desa Temban Gelar Festival Olahraga Tradisional Untuk Lestarikan Budaya

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata (Dispopar) Kabupaten Enrekang bekerja sama dengan Pemuda Desa Temban mengadakan Festival Olahraga Tradisional di lapangan Desa Temban, kecamatan Enrekang, kabupaten Enrekang. Pembukaan festival ini akan digelar pada (7/10/2023) di Desa Temban.

Sejumlah jenis olahraga tradisional akan dilombakan, termasuk Panahan Tradisional, Engrang, Kasti, Tarik Tambang, Seni Manca Kampung, dan Gasing dengan kategori orang tua dan anak-anak.

Ketua Panitia Festival Olahraga Tradisional, Misbah, menyampaikan bahwa kegiatan olahraga tradisional adalah aset budaya yang perlu dilestarikan karena mengandung unsur olah fisik tradisional dan mewakili kekayaan budaya bangsa.

“Permainan tradisional memiliki nilai-nilai kearifan lokal yang harus dijaga dan dilestarikan sebagai bukti kekayaan budaya kita sebagai bangsa,” ujar Misbah kepada media pada kamis (5/10/2023).

Ia juga menyambut baik kerjasama Dispopar Enrekang dengan pemuda Desa Temban untuk memperkenalkan kembali permainan tradisional dengan nilai-nilai positif dan budaya lokal.

Festival ini akan berlangsung dari 7 hingga 10 Oktober 2023, dengan pembukaan di lapangan Desa Temban pada jam 15.00 WITA yang akan dimeriahkan oleh Tari Ronggeng Desa Buttu Batu dan Drum Band SMA 12 Enrekang.

Misbah berharap festival olahraga tradisional ini dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat, termasuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta merespons antusiasme tinggi masyarakat Enrekang dalam menghidupkan nilai-nilai kearifan lokal,” kunci Misba Juang.

Baca juga :  Tingkatkan Kemudahan Bagi Masyarakat, Mahfud MD Resmikan Mall Pelayanan Publik 4 Kabupaten/Kota Sulsel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Farouk M Beta: IKB PPSP Organisasi Luar Biasa, Panitia Haul Akbar Syekh Yusuf ke 325 Tahun Dibubarkan

PEDOMAN RAKYAT- MAKASSAR. Haul atau Tammu Taunna Syekh Yusuf Al-Makassari sudah dilaksanakan dua kali  (2023 dan 2024 )...

181 Guru di Enrekang Ikut Program PGP Angkatan 11

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 181 guru di Kabupaten Enrekang menjadi sasaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan...

Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak 2024, Satbinmas Polres Pelabuhan Makassar Lakukan Binluh

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Guna mengantisipasi beredar paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Bangsa yang bisa mengganggu kamtibmas tahapan Pilkada...

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024 PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebagai anggota Polri yang...