spot_img

Aparat Desa Di Takalar Harus Mahir Mengelola Website Desa

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Para aparat desa di Kabupaten Takalar harus mahir mengelola website desa agar masyarakat setempat mudah mengakses berbagai informasi dan keperluan yang dibutuhkan di Kantor Desa.

“Kalau website desa sudah ada dan diisi dengan berbagai aplikasi yang dibutuhkan masyarakat, maka masyarakat tidak perlu datang dan antri di kantor desa, tapi cukup dengan membuka website desa dan mengklik aplikasi yang ada di website desa tersebut, maka keperluan mereka pun terpenuhi tanpa perlu datang ke kantor desa,” kata wartawan senior pelatih Nasional Wartawan PWI, Asnawin Aminuddin.

Hal itu ia kemukakan saat tampil sebagai pemateri pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparat Desa se-Kabupaten Takalar Angkatan II Tahun 2023, di Hotel Lynt, Jl Hertasning, Makassar, Ahad, 08 Oktober 2023.

Asnawin yang membawakan materi “Peran Jurnalis dalam Meningkatkan Akses Pembangunan Desa” mengatakan, selain aplikasi persuratan, aplikasi perizinan dan aplikasi lainnya yang dibutuhkan masyarakat, website desa juga sebaiknya diisi dengan berbagai informasi kegiatan yang dilaksanakan oleh kepala desa dan aparat desa.

“Kalau Kepala Desa menghadiri kegiatan di masyarakat, misalnya khitanan, olahraga, maka itu sudah bisa dijadikan berita di website desa. Muat saja fotonya ditambah keterangan gambar, itu sudah cukup. Tidak perlu panjang-panjang. Yang penting website desa harus sering-sering diperbaharui informasinya, sehingga masyarakat dan pemerintah kabupaten tahu bahwa ada aktivitas yang dilakukan secara rutin di desa kita,” tutur Asnawin.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Takalar, Hasdar Sikki, dalam sambutannya pada acara penutupan, mengatakan, selama tiga hari mngikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparat Desa, para aparat desa tentu telah mendapatkan tambahan ilmu dan juga pengetahuan yang terkait dengan Peningkatan Kapasitas Aparat Desa.

Baca juga :  Kabag Prokopim Buka Pelatihan Keprotokoleran dan MC

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pokdarbud Manggala Gelar Koleksi Benda Pusaka

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Kelompok Sadar Budaya (Pokdarbud) Manggala akan menggelar sekitar 150 koleksi benda pusaka berupa badik, tombak,...

Semarak Hari Bhayangkara ke-78, Polres Pelabuhan Makassar Berikan Bantuan Sumur Bor

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Hari Bhayangkara ke-78, Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Yudi Frianto menghadiri secara virtual peresmian sumur bor...

Wartawan Kompeten Harus Bisa Hentikan Penyebaran Berita Bohong

Laporan : Manaf Rachman WAKIL Ketua PWI Sulsel bidang organisasi, H. Manaf Rachman dalam sambutannya mewakili ketua PWI Sulsel...

Selamat, Dinas PUPR Sinjai Raih Penghargaan Bidang Jasa Konstruksi dari Kementerian PUPR

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sinjai dinobatkan sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD)...