spot_img

STIK Stella Maris Makassar Gelar PKM Pemanfaatan Nira Lontar dalam Pembuatan Hand Sanitizer di Takalar

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, TAKALAR. – Tim dosen dan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Stella Maris Makasar melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), pada kelompok sasaran petani lontar di Dusun Popoloe Takalar.

Tim yang melakukan kegiatan PKM ini diketuai Wirmando, Ns.,M.Kep didampingi anggota tim yaitu Asrijal Bakri, Ns.,M.Kes, Nelson Soares, S.Kom.,M.M, Yunita G Madu, Ns.,M.Kep, dan dua orang mahasiswa dari program studi keperawatan yaitu Dhea Randa Bunga dan Yosef Trisno Kono.

Menurut Wirmando kepada media, Senin 9 Oktober 2023, kegiatan PKM ini dilakukan oleh tim yaitu memberikan pelatihan kepada petani lontar bagaimana memanfaatkan nira lontar bukan hanya dijadikan sebagai minuman tradisional (ballo) tetapi juga dapat dimanafaatkan sebagai bahan dasar pembuatan produk hand sanitizer melalui proses penyulingan/distilasi.

Hal ini merupakan sebuah inovasi harus diajarkan pada masyarakat untuk meningkatkan perekonomian petani lontar. Lebih lanjut Wirmando menjelaskan kegiatan ini merupakan kegiatan dilaksanakan STIK Stella Maris Makassar bekerja sama dengan DRTPM Kemdikbud RISTEK DIKTI pendanaan tahun 2023.

Kegiatan ini telah dilaksanakan Agustus 2023 sejak penjajakan lokasi dan penggalian informasi tentang masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Namun pelaksanaan pelatihan penyulingan dilakukan, Senin, 2 Oktober 2023 dari pukul 09.00-14.00 WITA.

Kegiatan ini dihadiri oleh 12 orang petani lontar termasuk kepala dusun popoloe. Peserta tampak antusias dalam mengikuti PKM ini dan sangat berterima kasih kepada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar atas pelaksanaan kegiatan ini.

Diakhir kegiatan, tim memberikan sumbangan alat penyulingan kepada petani lontar berupa satu set distiller moonshine alkhol, alcoholmeter, glycerin, hydrogen peroksida dan beberapa alat dan bahan lainnya untuk pembuatan hand sanitizer berbahan dasar nira lontar.

Baca juga :  Taman Kanak-Kanak Teratai UNM Gelar Pelepasan Siswa dan Siswi Tahun Ajaran 2021-2022

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Haru, Muh Zainal Altim Resmi Sandang Gelar Doktor, Coto Makassar dan Pulu’ Mandoti Menemani Prosesi

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Hari Senin, (10/06/2024) kemarin, menjadi momen bersejarah bagi Muh. Zainal Altim, yang telah menyelesaikan sidang...

Resmi Berubah Bentuk, ITBA Al Gazali Barru Launching & Lantik Rektor Pertama

PEDOMANRAKYAT, BARRU - Bila tidak aral melintang launching (memperkenalkan) perubahan bentuk sekolah tinggi ilmu administrasi (STIA) Al Gazali...

SMP Kristen Elim Makassar Tamatkan 21 Siswa-Siswi, Shandrawaty : Sebuah Langkah Untuk Menggapai Impian

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen Elim Makassar yang berada dalam naungan Yayasan Perguruan Kristen Toraja...

Pentas dan Seni Digelar Saat Perpisahan Siswa SDN Percontohan PAM

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Sekolah Dasar Negeri (SDN) Percontohan PAM Jalan DR. Ratulangi No. 3B, Mangkura, Kecamatan Ujung Pandang,...