spot_img

Pj. Bupati Sinjai Ikuti Prosesi Pesta Adat Marimpa Salo

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI  — Tradisi kebudayaan masyarakat pesisir di Desa Bua Kecamatan Tellulimpoe dan Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur, yakni pesta adat Ma’rimpa Salo kini kembali digelar, Selasa (10/10/2023).

Pesta adat yang digelar secara bergantian oleh 2 desa ini dilaksanakan setiap tahun. Di tahun 2023 ini, Desa Bua Kecamatan Tellulimpoe menjadi tuan rumah pelaksana.

Budaya Ma’rimpa Salo yang dilaksanakan secara turun temurun ini dihadiri langsung Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah bersama Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sinjai Cut Resmiati.

Melihat kekayaan budaya yang ada di Kabupaten Sinjai, Pj Bupati menyampaikan rasa bangganya di hadapan ratusan masyarakat Desa Bua dan Desa Sanjai.

Sebab menurutnya, budaya yang ada di tengah masyarakat khususnya tradisi Ma’rimpa Salo ini sarat akan makna dan nilai filosofi positif dalam rangka penguatan budaya lokal serta jati diri masyarakat.

“Sebagai warga Sinjai, kita patut bersyukur kepada Allah SWT karena daerah kita ini menyimpan banyak potensi budaya yang apabila dikemas dengan baik akan menjadi aset tak ternilai harganya untuk membentuk karakter dan budi pekerti masyarakat yang tangguh serta dapat menjadi penopang dalam mengembangkan industri pariwisata,” ujarnya.

Sebagai salah satu dari 3 Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) yang diakui secara nasional, Pj Bupati TR mengharapkan pesta adat Ma’rimpa Salo ini dapat dipromosikan secara intens agar dikenal lebih luas oleh khalayak masyarakat.

“Olehnya itu, diperlukan dukungan dari segenap stakeholder terkait, termasuk masyarakat di Desa Bua ini untuk senantiasa berperan aktif dalam pelaksanaan maupun promosi pesta adat budaya Ma’rimpa Salo. Serta dapat mengemas kegiatan ini agar dapat menarik untuk dikunjungi wisatawan,” pesannya.

Baca juga :  Lomba Lagu Perjuangan Meriahkan HUT RI di Sidrap

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Hardiknas 2024, Transformasi Pendidikan Enrekang Meniti Generasi Kurikulum Merdeka Belajar

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG, – Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sertiap tahun 2024 di halaman...

Catatan Mudik Lebaran 2024 (1) : “Diskriminasi” Kecil di KM Tilongkabila

Pengantar: Wartawan “Pedomanrakyat.co.id” M.Dahlan Abubakar, pada Lebaran 2024 melakukan perjalanan mudik terlama, 14 hari, ke kampung halaman. Dalam lawatan...

Kadis Perindag Sulsel, Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Ahmadi Akil, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel akhirnya resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati...

HANURA Enrekang Mulai Jaring Bakal Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2024, Sudah Ada 3 Kandidat

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Enrekang membuka secara resmi pendaftaran calon Bupati dan...