spot_img

Pj Gubernur Sulsel Tanam Bibit Pisang Cavendish di Sinja

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI — Penjabat Gubernur (Pj Gubernur) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin memimpin penanaman perdana bibit pisang Cavendish di lahan yang terletak di Kelurahan Mannanti, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Jumat, (27/10/2023).

Dalam rangkaian acara ini, Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah turut mendampingi Pj Gubernur Sulsel melakukan penanaman pisang Cavendish secara simbolis di lahan milik A. Muhtar Ali Yusuf, yang juga menjabat sebagai Bupati Bulukumba.

Pj Gubernur Sulsel, Pj Bupati Sinjai dan Bupati Bulukumba bersama-sama dengan para pejabat, secara bersamaan menanam bibit pisang Cavendish sebagai simbol harapan akan pertumbuhan sektor pertanian yang berkelanjutan di Sulsel.

Momentum penanaman ini menginspirasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan pertanian dan mempromosikan varietas pisang yang memiliki potensi pasar yang tinggi. Penanaman perdana ini juga memperkuat sinergi antara pemerintah provinsi dan daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengajak semua elemen untuk memanfaatkan lahan-lahan yang kosong untuk budidaya tanaman yang produktif. Tetapi kata dia pola tanam dan manajemen penanaman juga harus dikuasai.

“Sekarang itu kalau mau menanam sesuatu dalam sebuah kawasan harus jumlahnya besar, tidak bisa lagi jumlahnya kecil, karena kalau kecil paling kita bisa pasarkan di pasar Sinjai dan paling jauh Makassar. Seharusnya bisa dikirim ke pulau lain,” ujarnya.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri ini mendorong agar lahan yang ada diubah menjadi lahan yang produktif dan ditanami komoditi yang punya nilai ekspor.

Baca juga :  UCM Buka Pembelajaran Jarak Jauh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Dosen dan Mahasiswa Pertanian Unhas Gelar Pelatihan Optimalisasi Pekarangan Dengan Teknologi Produksi Lipat Ganda Cabai

PEDOMANRAKYAT, TAKALAR - Dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar kegiatan sosial kemasyarakatan bertajuk “Pelatihan Optimalisasi...

Raih WTP 8 Kali Berturut-Turut, DPRD Sinjai Beri Jempol

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sinjai menggelar Rapat Paripurna penyerahan Rancangan Peraturan Daerah (ranperda)...

Hadirkan 4 Narsum, Ini Poin-Poin Penting Dialog Publik KKLR Sulsel

PEDOMANRAKYAT, PALOPO - Dialog Publik "Mau Dibawa ke Mana Palopo 2024" yang digelar Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan...

Aliansi Gerakan Mahasiswa Demo Kejati Sulsel, Sikapi Dugaan Korupsi di Pemkot Palopo

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Mahasiswa yang tergabung dalam sebuah aliansi melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Kejaksaaan Tinggi...