spot_img

Perayaan Hari Sumpah Pemuda 2023, Wilianto : Dapat Dorong Pemuda Tionghoa Jadi Pelopor Semangat Bangsa

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Hari Sumpah Pemuda merupakan salah satu hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Pada tahun ini, perayaan Hari Sumpah Pemuda yang memasuki peringatan ke-95 tahun mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia”.

Ketua Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Wilianto Tanta menjelaskan, lahirnya Hari Sumpah Pemuda dilatarbelakangi dari Kongres Pemuda II yang dilaksanakan oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI).

Kongres tersebut bertujuan untuk memperkuat rasa persatuan dan kebangsaan Indonesia yang telah tumbuh di dalam benak dan sanubari pemuda pemudi.

“Saya berharap, perayaan Sumpah Pemuda tahun ini dapat meningkatkan semangat Pemuda Tionghoa dalam mengimplementasikan nilai-nilai Sumpah Pemuda, menumbuhkembangkan pemuda Tionghoa menjadi pribadi berkarakter, berkapasitas, dan berdaya saing. Selain itu, mendorong pemuda Tionghoa sebagai pelopor semangat kebangsaan dan pemersatu bangsa,” jelas Wilianto.

PSMTI sebagai organisasi kemasyarakatan suku Tionghoa di Indonesia, sangat memperhatikan peranan pemuda di Indonesia. Maka dari itu, PSMTI membentuk Ikatan Pemuda PSMTI (IPPSMTI) pada tahun 2007.

“Semakin berkembang akhirnya pada tahun 2010 IPPSMTI dilepas menjadi sebuah anak organisasi sayap pemuda secara terpisah dengan nama Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) hingga hari ini,” ucap Wilianto.

IPTI memiliki perwakilan di beberapa daerah, salah satunya di Jakarta. IPTI Jakarta menjadi salah satu komunitas atau organisasi yang kerap aktif terlibat dalam berbagai aksi sosial. Tidak hanya IPTI, PSMTI juga mempunyai Ikatan Koko Cici (IKOCI).

“Menurut kami sebagai pemuda-pemudi, Sumpah Pemuda merupakan tonggak perjuangan dan semangat kita menyatukan persatuan dalam perbedaan, dan berkomitmen untuk berjuang kembali untuk mencapai dan meraih kemerdekaan secara hakikatnya sesuai dengan sila ketiga persatuan indonesia,” ucap Ketua Umum IKOCI Dian Maulana Atmadja periode 2023-2025.

Baca juga :  Bawaslu Jeneponto Gelar Diskusi dan Buka Puasa Bersama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Sedang Tunaikan Ibadah Haji, Sujud Syukur Sekda Takalar Atas Kelulusan Muh Irsyaad di FK Unhas

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Semua orang tua menginginkan yang terbaik buat pendidikan anak-anaknya ketika mengenyam pendidikan di perguruan tinggi...

Bersiap Jelang Lebaran Idul Adha 1445 H, Kompleks BDP Perintis Makassar Bersih-Bersih

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Perayaan hari raya idul adha atau dikenal juga hari qurban 1445 Hijiriah sisa beberapa hari...