Praktisi Hukum Hesky A Wurarah Berkolaborasi Dengan Akademisi Sebagai Nara Sumber Dalam Dialog Kebangsaan

Bagikan:

Tanggal:

Saat ditanya oleh media ini terkait adanya upaya-upaya penutupan paksa rumah-rumah ibadah dari segelintir orang yang tidak bertanggung jawab, Dengan mimik wajah serius, Hesky menuturkan, ini tentu sudah masuk dalam tindakan Persekusi dan sangat intoleran.

“Saya melihat upaya seperti itu ada, bahkan yang sudah ada Izin Mendirikan Bangunan alias IMBnya pun bisa dipermasalahkan, karena pertimbangan sosial dan politik sehingga bisa dianulir izinnya kembali,” tukas Hesky A Wurarah.

Tambahnya, nah kita berharap dari dialog kebangsaan ini yaitu negara nilai universalnya itu sudah sangat jelas dan normatif. Tindakan upaya penutupan paksa rumah-rumah ibadah masih ada celah dan kekosongan hukum.

“Jadi, negara kita ini mengatur yang bersifat konstitusional, pasal 28 dan 29 yang berbunyi, negara menjamin kebebasan beragama, menjalankan ibadahnya menurut keyakinannya. Namun hal tersebut hanya bersifat nilai yang dicantumkan dalam konstitusi, tetapi kan kita belum ada undang-undang kebebasan beragama atau pun undang-undang toleransi beragama,” sebutnya serius.

Harap Hesky A Wurarah, semoga kedepannya akan dibentuk Panitia Khusus (Pansus) terkait hal tersebut, supaya memberikan jaminan penuh terhadap kebebasan dalam beragama itu sendiri dan toleransi beragama itu sendiri.

Ini merupakan konsekuensi dari Surat Keputusan Bersama 3 (tiga) Menteri (SKB) yang mengatur tentang persyaratan mendirikan rumah ibadah, menurutnya itulah yang memicu lahirnya bentuk kebijakan yang bersifat diskriminatif, lalu dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok intoleran itu.

Hesky A Wurarah yang juga seorang caleg dapil 5 DPRD Kota Makassar berasal dari PSI kembali mengutarakan, alasan konstitusional UUD 1945 pasal 28 e ayat 1, setiap orang bebas memeluk agama dan beribadah menurut keyakinannya.

Baca juga :  Sambut HARHUBNAS Ke-53, Dishub Sinjai Gelar Kompetisi Futsal

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Cepat dan Tanggap, Pelayanan UGD Puskesmas Banyuanyar Mendapat Apresiasi Keluarga Pasien

PEDOMANRAKYAT, SAMPANG - Pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Banyuanyar, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Provinsi Jawa Timur, setiap...

Ruslan : Ketua KPPS TPS 40 Kelurahan Katimbang Diduga Tukar Suara Caleg

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dalam setiap penyelenggaraan pemilu, mau tidak mau suka tidak suka persoalan atau perkara pemilu akan...

Pj. Ketua TP. PKK Sinjai Apresiasi Demo Pembuatan Roti

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Dalam memeriahkan Hari Jadi Sinjai (HJS) Ke 460 Tahun, Dins Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja...

Gelar Patroli Pagi, Kapolsek Bontoala Turun Langsung Urai Kemacetan dan Beri Edukasi Juru Parkir

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Upaya menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna jalan, Kapolsek Bontoala Kompol Muhammad Idris,...