spot_img

Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Ini Profil Singkat dan Perjalanan Demmatande Pejuang Asal Mamasa

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAMASA – Pemuda Panca Marga Sulawesi Barat (Sulbar) akan mengusulkan pejuang asal Kabupaten Mamasa bernama Demmatande sebagai pahlawan Nasional. Pengusulan diawali dengan seminar nasional tentang nilai-nilai kepahlawanan dalam merintis Kemerdekaan Republik Indonesia.

Seminar yang digelar itu, merupakan rangkaian dari pengusulan Demmatande sebagai pahlawan Nasional. Diikuti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Kepemudaan dan Organisasi Keagamaan.

Pejuang asal Mamasa bernama Demmatande ini, diusulkan menjadi pahlawan Nasional atas perjuangannya melawan kolonial Belanda di Bumi Kodosapata, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Perjuangan Demmatande adalah salah satu bukti sumbangsih hadirnya
Kemerdekaan Republik Indonesia.

Catatan Singkat Demmatande

Demmatande lahir di Kampung Paladan, Distrik Orobua pada tahun 1862, atau 100 tahun silam. Warga di pesisir pantai (Mandar) dan tentara kolonial Belanda menyebut, pemuda Paladan ini dengan sebutan Daeng Matande.

Kampung Paladan kini jadi Desa Paladan, Kecamatan Sesena Padang, Kabupaten Mamasa. Demmatande lahir dari pasangan suami istri Bongga Masarin asal Tawalian dan Aruan Bulawan asal Paladan.

Demmatande memiliki 5 lima saudara, diantaranya Paotonan, Deppalana, Bongga Upa’, Sembanggayang, dan Langi’ Masirrin. Demmatande memiliki seorang istri yang bernama Tasik Mentodo’, keduanya dikaruniai seorang anak yang bernama Aruan Bulawan.

Jiwa kepemimpinan dan patriotismenya sudah mulai nampak sejak masa mudanya. Demmatande sangat dekat dengan warga yang dipimpinnya.

Kampung Paladan di bawah kepemimpinan Demmatande
berada dalam kondisi aman, tentram, dan damai. Demmatande juga sudah mulai membangun hubungan baik dengan pejuang-pejuang lainnya di wilayah Pitu Ulunna Salu (PUS), dan daerahdaerah lainnya seperti Toraja, Mandar, dan Bugis.

Baca juga :  Salvius Pasang Pelaksana Tugas Sekda Kabupaten Toraja Utara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

9 Warga Sinjai Terkena Campak, Ini Penyebabanya

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai mencatat ada 9 kasus positif campak hingga pekan ketiga bulan...

Jelang Idul Adha, Masjid Nailul Ma’ram Sinjai Buka Donasi Hewan Kurban

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Menjelang hari raya Idul Adha 2024 M / 1445 H, Masjid Jami Nailul Ma'ram Kabupaten...

Aksi DPO ini Berakhir Ditangan Tim Intelijen dan Jaksa Eksekutor Kejari Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tim Intelijen dan Jaksa Eksekutor Kejaksaan Negeri Makassar, melakukan penangkapan terhadap Daftar Pencarian Orang (DPO)...

Ketua Bawaslu Enrekang Melantik 36 Anggot Panwascam Untuk Pemilu 2024

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG -- Secara resmi, Ketua Bawaslu Enrekang, Hamdan Hidadayat, melantik dan mengambil sumpah janji, serta memberikan pembekalan...