spot_img

Dosen Komunikasi Unismuh Muhammad Yahya Nara Sumber Seminar Nasional Rekonstruksi Paradigma Pers Mahasiswa

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR. Dosen Komunikasi Fisip Unismuh Makassar mewakili Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Dr.Andi Lukman, M.Si tampil menjadi salah seorang nara sumber seminar nasional pada Musyawarah Kerja Nasional (Muskernas) XV Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI), Kamis 16 Nopember 2023 di Fakultas Hukum Unhas.

Pada kesempatan itu Muhamma Yahya yang juga pembantu Humas LLDIKTI IX, mengatakan, pers kampus penerbitan yang dikelola mahasiswa di perguruan tinggi telah mengalami pergeseran jenis media.

Dimasa lalu media yang digunakan aktifis pers kampus adalah bulletin, koran atau tabloid, tetapi kini dalam era masyarakat digital media yang digunakan juga berubah ke media digital dan media baru.

Pers kampus harus melakukan transformasi penggunaan media dalam menyampaikan ide, pesan dan informasi kepada para khalayaknya. Selain itu konvergensi media yang dipakai selama ini sudah harus dilakukan juga.

Media pers kampus sudah harus menyatukan arus media informasi lewat media digital, website, radio internet, youtube, koran elektronik pada kondisi demikian aktifis pers kampus harus multi tasking serba bisa dalam menjalani aktfifitas jurnalistik.

Pers kampus dalam era kekinian mengalami pelemahan hal demikian terasa pada proses regenerasi aktifis pers kampus yang sangat cepat. Kurikulum kampus mengharuskan mahasiswa selesai tepat waktu menjadikan rentang waktu di kampus relatif singkat sehingga aktifitas kampus juga tidak terlalu lama dijalani.

Membangun pers kampus yang ideal dengan tetap membangun daya kritis konstruktif berbasis data, melakukan konvergensi pers kampus beragam flatfon media disatukan, secara kontinyu meningkatkan kualitas SDM Pers kampus.

Baca juga :  UMI Terima SK Prodi Teknik Lingkungan dan SK Guru Besar Dosen FEB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Bawakan Materi di SMKN 11 Bulukumba, Sekdisdik A Ibrahim: Perlu Revitalisasi Jurusan di SMK

PEDOMANRAKYAT, BULUKUMBA - Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Sulsel, Dr Andi Ibrahim, S.Pd, M.Pd hadiri undangan workshop implementasi penguatan...

Gerakan Pemuda Tani Saintek Berbagi 2.000 Bibit Pohon

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Dalam rangka pelaksanaan pendampingan serta pengawalan Program Prioritas Pembangunan Ketahanan dan Kedaulatan Pangan dan upaya...

Mahasiswa Unhas Adakan Program BITONG di SD Inpres Borong Jambu III Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan, mengadakan...

UTS Gelar PKM Transformasi Limbah Baglog Menjadi Pupuk Kompos dan Briket Arang di Bontoa Maros

PEDOMAN RAKYAT, MAROS. Program Studi Kimia dan Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Universitas Teknologi Sulawesi (UTS) menggelar kegiatan...