spot_img

Pelatihan Memformulasi dan Memproduksi Pakan Buatan Pada Ikan Lele di Ponpes Wihdatul Ulum Gowa

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, GOWA – PKM Pelatihan Memformulasi Dan Membuat Pakan Buatan Pada Ikan Lele di Pondok Pesantren Wihdatul Ulum Yayasan Wakaf Umi Desa Borisallo, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM-UMI), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK-UMI) sejak tanggal 2 September 2023. Kegiatan yang merupakan implementasi dari salah satu kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi Bidang Pengabdian kepada Masyarakat ini diketuai oleh Dr. Ir. Siti Hadijah, M.P dan Dr. Ir. Harlina, M.P sebagai anggota.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat oleh Dosen UMI yang dananya disiapkan oleh Internal Perguruan Tinggi Universitas Muslim Indonesia.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberi solusi permasalahan yang dihadapi oleh Kelompok Budidaya Ikan di Pondok Pesantren Wihdatul Ulum.

Permasalahan yang dihadapi oleh Pondok Pesantren Wihdatul Ulum adalah memiliki lahan hingga 18 ha, namun belum dapat dimanfaatkan secara optimal untuk lahan usaha budidaya ikan air tawar dengan kualitas yang baik. Salah satu kendala yang dihadapi adalah masalah pakan dimana diketahui ongkos produksi terbesar (kurang lebih 70%) pada suatu usaha budidaya termasuk budidaya air tawar adalah pada pakan.

Ketersediaan pakan ikan diperoleh dari cara membeli pakan buatan yang tersedia dipasaran karena para pembudidaya tidak memiliki pengetahuan untuk membuat pakan buatan secara mandiri. Dengan demikian para pembudidaya harus menyiapkan modal yang lebih banyak pada penyediaan pakan ini.

Kegiatan pengabdian ini memberi solusi untuk mengatasi permasalahan Mitra dengan melakukan penyuluhan dan pelatihan memformulasi pakan buatan. Kegiatan ini didahului dengan memperkenalkan bahan baku pembuatan pakan buatan yang banyak tersedia disekitar pondok pesantren tersebut. Setelah mengetahui dan mahir memformulasi pakan dari sumber bahan baku yang ada maka akan dilatih keterampilan membuat pakan buatan secara mandiri.

Baca juga :  Mahasiswa Internship Komunikasi Unismuh Resmi Ditarik Dari iNews TV Makassar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Andi Elsa Fadhilah Sakti Doktor Termuda Unhas

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR -- Andi Elsa Fadhilah Sakti dipastikan sebagai doktor termuda yang dihasilkan Universitas Hasanuddin (Unhas) selama...

Pj Bupati Enrekang Resmikan Pondok Pesantren DDI Mangkoso Kampus IV Cakke

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba menghadiri acara halal bi halal dan peresmian Pondok Pesantren...

Bangun Keakraban dan Sinergitas, Prodi S3 PVKT UNM Adakan Halal Bihalal

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Membangun keakraban, sinergitas, kesamaan persepsi, serta silaturahmi, menjadi tema pokok dalam kegiatan halal bihalal dan...

Dosen Komunikasi Fisip Unismuh Latih Jurnalisme Warga bagi 25 Pimpinan Cabang Aisyiyah se-Kota Makassar

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR.- Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar tergabung dalam Tim Hibah RisetMu Batch VII Skema...