spot_img

Wabup Alimin dan Kadiskop UKM Pinrang, Zainal Hafid hadiri Penandatanganan MoU Pemprov Sulsel dengan PT YEI

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, PINRANG – Wakil Bupati Pinrang, Alimin, didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pinrang, Moh.Zainal Hafid bersama segenap kepala daerah se-Sulawesi Selatan turut menghadiri Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan PT Yas Exports International di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Jl. Urip Sumoharjo, Makassar. Senin (27/11).

Kehadiran Wabup Pinrang, Alimin ini merupakan langkah nyata yang dilakukan Pemkab Pinrang dalam penguatan di sektor pertanian, khususnya dalam mendukung program Gerakan Gemar Menanam Pisang oleh Pemprov Sulsel.

MoU itu merupakan langkah nyata Pemprov Sulsel untuk memastikan hasil budidaya pisang cavendish ini jelas pangsa pasarnya dengan Buyer dari Negara Mitra Dagang di Timur Tengah.

PT Yas Exports International sendiri adalah entitas Lulu Group International, salah satu perusahaan penyedia berbagai bahan makanan di Uni Eropa seperti Dubai yang kini telah memiliki 60 hypermarket yang tersebar di India, Indonesia dan Malaysia, 6 hypermart diantaranya ada di Indonesia. Perusahaan ini setiap tahunnya mengimpor Pisang Cavendish dari Indonesia sebanyak 200-300 kontainer. Namun jumlah itu dianggapnya masih kurang.

President Director PT. Yas Exports Internasional, Shihab Yooseph, menyampaikan terimakasih kepada Pj Gubernur Sulsel atas inisiasi MoU dari Pemprov Sulsel. Shihab mengatakan dengan kerjasama ini, pihaknya bisa meningkatkan pisang ke Timur Tengah secara berkelanjutan.

“Kami optimistis akan segera mengekspor Pisang Cavendish ke pasar Timur Tengah. Sulsel bisa bersaing dengan Filipina dan Ekuador,” ujarnya.

Pj Gubernur Bahtiar mengatakan, peluang pemasaran Pisang Cavendish ini besar sekali. Permintaannya ada di 65 negara. Sementara kebutuhan yang terpenuhi hanya 1 persen. Selama ini, katanya, Cavendish yang diekspor hanya dari Lampung. Untuk itu, Sulsel juga ingin memproduksi Pisang Cavendish secara massal dan menargetkan agar sudah bisa ekspor tahun depan.

Baca juga :  UCM Peroleh Sertifikat Penyelenggara RPL

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel Tutup MPLS SMAN 2 Selayar

PEDOMANRAKYAT, SELAYAR - Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru SMA, SMK, dan SLB negeri di...

Pasar Semen Dalam Negeri Over Suplay

Laporan H.Manaf Rachman Produksi semen di dalam negeri hingga pertengahan 2024 mengalami kelebihan atau over suplay sebesar 60 persen dan...

Pendidikan dan Literasi Kemaritiman Materi PKM Nasional ADPERTISI 2024 di Nisombalia Maros

PEDOMAN  RAKYAT, MAROS. Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan sehingga pendidikan dan literasi kemaritiman kepada warga harus diberikan setiap...

Penutupan KFBN 2024 Meriah di Kutai Kartanegara

Laporan : Rachim Kallo ACARA penutupan Kutai Festival Budaya Nusantara (KFBN) 2024 berlangsung meriah di depan Kantor Bupati Kutai...