spot_img

Bantuan Kementan, Dinas TPHP Sinjai Kembali Salurkan Sarana Produksi Bawang Merah

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI — Petani bawang merah di Kabupaten Sinjai patut bersyukur. Pasalnya, mereka mendapatkan bantuan sarana produksi (saprodi) bawang merah dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Bantuan ini telah diserahkan kepada para petani melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sinjai beberapa waktu lalu

Kepala Bidang TPH Sinjai Adi Darmawansyah saat ditemui di Ruang Kerjanya, Selasa (5/12/2023) mengatakan bahwa bantuan benih bawang merah yang diterima oleh petani yaitu untuk luas lahan 20 hektar.

Bantuan ini diberikan kepada 7 kelompok tani yang ada di dua kelurahan di Kecamatan Sinjai Barat yaitu Kelurahan Balakia dan Tassililu.

Selain benih bawang merah, seluruh kelompok tani ini juga mendapatkan sarana lainnya seperti puouk padat, sungkup dan plastik UV, pupuk NPK cair serta PHC (pupuk hayati cair).

“Alhamdulillah semua bantuan ini sudah berada di kelompok tani. Bahkan sudah ada beebarpa yang mulai melakukan penanaman pada akhir bulan November kemarin, dan diperkirakan sudah panen sekitar 3-4 bulan kedepan” jelasnya.

Menurut Adi, lktensi bawanf merah di Labupaten Sinjai sanfat menjanjikan khusunya di Kelurahan Balakia dan Tassililu. Likasibini juga dijadikan sebagai Kamping Bawamg Merah.

“Sesuai arahan dari Kementan bajwa sstuao daerah diminta untuk membentuk kamoung hortikultura sesuai potensi wilayah masing-masing dan dua kelurahan ini kita jadikan sebagai kampung bawang merah,” tuturnya.

Sementara itu, Kadis TPHP Sinjai H. Kamaruddin menambahkan bahwa pemberian bantuan tersebut sebagai salah satu upaya peningkatan produksi bawang merah di Kabupaten Sinjai dan meningkatkan kesejahteraan petani bawang merah.

Baca juga :  Kerjasama Program Pengendalian Inflasi Pangan Kodam XIV/Hasanuddin dan BI Sebagai Pilot Project

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Berikan Jam Pimpinan, Pangdam XIV/Hsn Tekankan Agar Menghindari Pelanggaran Sekecil Apapun

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.IP memberi jam pimpinan dengan memberikan pengarahan kepada...

Jalin Persahabatan Antar Alumni 80-an, SMANSA FC Gelar Turnamen Fourfeo di Lapangan Sapta Mini Soccer

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dalam rangka menjalin persahabatan antar alumni angkatan 80-an SMA Negeri 1 (SMANSA) Makassar yang hobi...

Permainan Bola Roboh, Siswa TK Handayani Batujala Meninggal Dunia

PEDOMAN RAKYAT, JENEPONTO.Akibat Permainan Bola Dunia di Sekolah TK Handayani Bayujala Desa Batujala Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto Sulawesi...

Turnamen Sepakbola Reso Temmangingngi Akan Bergulir di Bulan Agustus

PEDOMANRAKYAT, GOWA - Kejuaraan sepakbola Reso Temmangingngi antar klub akan segera bergulir pada 20 Agustus - 25 September...