spot_img

Ikuti Simulasi Penyelenggaraan Pemilu 2024, Pj Bupati : Semuanya Terkoordinir Dengan Baik

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba SE, MM menghadiri simulasi pemungutan dan penghitungan suara, serta penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) pada penyelenggaraan pemilu tahun 2024, yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang (Sulsel) di Lapangan Abu Bakar Lambogo Enrekang, rabu (27/12/2023)

Acara ini dihadiri Plh Ketua KPU Enrekang, Kapolres Enrekang, Dandim 1419 Enrekang, Kajari Enrekang, Kepala Pengadilan Negeri Enrekang, Kaban Kesbangpol, Kasatpol PP Damkar & Penyelamatan, Kepala Rutan kelas II B, Ketua Bawaslu dan jajaran, serta sejumlah mantan komisioner KPU yang masa jabatannya baru berakhir.

Menurut Plh Ketua KPU Enrekang Supi Hastati, tujuan kegiatan ini  untuk melihat kesiapan dalam proses pemungutan dan penghitungan suara pada pemilu 2024 yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Simulasi ini dilakukan melibatkan petugas KPU, TNI-Polri, dan masyarakat, dengan tujuan untuk meningkatkan dan menyelaraskan pemahaman bersama, meminimalisir suara tidak sah dan Pemungutan Suara Ulang (PSU),” ucapnya.

Pada simulasi itu, petugas KPU menjelaskan tentang tata cara pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sirekap. Sedangkan petugas TNI-Polri memberikan pengamanan selama simulasi berlangsung.

Sementara itu, Pj Bupati, menegaskan,  simulasi ini penting sebagai langkah awal untuk melihat bagaimana proses pemungutan dan penghitungan suara, sekaligus mengidentifikasi kekurangan dan kendala yang muncul sepanjang tahapan pelaksanaan pemilu 2024.

“Hal ini penting untuk memastikan netralitas ASN, TNI-Polri, dan profesionalitas penyelenggara. Jadi, evaluasi secara kontinyu harus dilakukan agar pada hari H pelaksanaan nanti, semuanya benar-benar terkoordinir dengan baik,” harapnya.

Baca juga :  Kapolres Pelabuhan Makassar Hadiri Upacara Hari Peringatan HUT TNI Ke-77 Tahun 2022

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Siswa SMA Muhammadiyah 6 Makassar Lakukan Pengamatan Benda Luar Angkasa

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap sains dan teknologi, SMA Muhammadiyah 6 Makassar...

Berikan Jam Pimpinan, Pangdam XIV/Hsn Tekankan Agar Menghindari Pelanggaran Sekecil Apapun

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.IP memberi jam pimpinan dengan memberikan pengarahan kepada...

Jalin Persahabatan Antar Alumni 80-an, SMANSA FC Gelar Turnamen Fourfeo di Lapangan Sapta Mini Soccer

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dalam rangka menjalin persahabatan antar alumni angkatan 80-an SMA Negeri 1 (SMANSA) Makassar yang hobi...

Permainan Bola Roboh, Siswa TK Handayani Batujala Meninggal Dunia

PEDOMAN RAKYAT, JENEPONTO.Akibat Permainan Bola Dunia di Sekolah TK Handayani Bayujala Desa Batujala Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto Sulawesi...